ANALISIS WACANA KRITIS TEKS TENTANG PEREMPUAN DAN PERNIKAHAN DALAM BUKU MUSLIMAH YANG DIPERDEBATKAN KARYA KALIS MARDIASIH

Kaffa Hidayati, Hanifullah Syukri

Sari

Artikel ini menyajikan studi terhadap teks tentang perempuan dan pernikahan dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih. Penelitian berfokus pada dua teks tentang permasalahan perempuan yang berkaitan dengan pernikahan, yaitu poligami dan pernikahan siri. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur teks yang membangun wacana pada dua teks tentang perempuan dan pernikahan dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dan catat. Metode padan dan model analisis wacana kritis Teun A. van Dijk digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penggunaan berbagai elemen dimensi teks, penulis cenderung memberi gambaran negatif terhadap laki-laki yang merugikan perempuan, pihak-pihak yang dikritik dalam teks, dan pihak-pihak yang berbeda pandangan dengannya. Sementara itu, penulis cenderung menggambarkan perempuan, pihak-pihak yang didukung dalam teks, serta pihak-pihak yang sependapat dengan dirinya secara positif. Secara keseluruhan, analisis data menegaskan bahwa penulis memberikan dukungan penuh terhadap para perempuan, khususnya yang memperoleh tindakan tidak adil. Beberapa simpulan tersebut menunjukkan kesesuaian teks dengan ideologi Kalis Mardiasih sebagai feminis yang fokus memperjuangkan hak-hak perempuan.

Kata kunci: analisis wacana kritis, perempuan, feminism, poligami, pernikahan siri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ani, W. L. (2020). Makna Jilbab dalam Buku Muslimah yang Diperdebatkan Karya Kalis Mardiasih. http://digilib.uinsby.ac.id/44600/ (diunduh pada 17 Mei 2022, pukul 9.10 WIB).

Komnas Perempuan. (2022). CATAHU Komnas Perempuan 2022. komnasperempuan.go.id (diakses pada 1 Juli 2022, pukul 11.00 WIB).

Djajasudarma, T. F. (1994). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Khatullaila, M. (2021). Representasi Feminisme dalam Novel “Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/11037/ (diunduh pada 17 Mei 2022, pukul 09.00 WIB).

Mardiasih, K. (2019). Muslimah yang Diperdebatkan. Yogyakarta: Buku Mojok.

Nafi’ah, A. (2019). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Terhadap Buku Muslimah yang Diperdebatkan. http://digilib.uinsby.ac.id/38216/(diakses pada 17 Mei 2022, pukul 9.05 WIB)

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta Duta Wacana University Press.

Van Dijk, T. A. (1988). News As Discourse. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Van Dijk, T. A. (2004). Ideology and Discourse: A Multidisciplinary Introduction. Roma: Carroci.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.