TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM ACARA “AYO SEHAT” DI KOMPAS TV

Hanifah Yulia Putri S., Miftah Nugroho

Sari

Tindak tutur direktif merupakan tindak tutur yang memiliki poin penting untuk membuat petutur melakukan sesuatu. Penelitian ini membatasi masalah dengan berfokus pada pengunaan bahasa yang mengandung tindak tutur direktif oleh pembawa acara dan narasumber dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan penggunaan tindak tutur direktif dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Data berbentuk tuturan yang dihasilkan oleh pembawa acara dan narasumber. Data diambil dari video tayangan acara “Ayo Sehat” yang diunggah ke kanal YouTube Kompas TV. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV terdapat tujuh macam tindak tutur direktif. Tujuh macam tindak tutur tersebut meliputi menyuruh, menyarankan, meminta, melarang, bertanya, mengizinkan, dan berdoa.

Kata kunci: pragmatik, tindak tutur direktif, Ayo Sehat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adhani, R. (2014). Etika & Komunikasi Dokter-Pasien-Mahasiswa. Banjarmasin: PT Grafika Wangi Kalimantan.

Austin, J. L. (1962). How to Do Things with Words: The William James Lectures delivered at Hardvard University in 1955. In Oxford University Press. Oxford University Press.

Hardiyanti, Siti U. (2018). Tindak tutur Direktif dalam Acara Im Possible di Metro TV. Nuansa Indonesia: Jurnal Ilmu Bahasa, Sastra, dan Filologi, 20(1), 68-82.

Mujianto, Gigit dan Alfi Khoiru An Nisa. (2021). Tindak tutur Direktif dalam Bahasa Lisan pada Apoteker di Puskesmas Sukabumi. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa & Sastra Indonesia, 6(2), 231-244.

Nadar, F. X. (2013). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga.

Searle, J. R & Vanderveken, D. (1985). Foundations Illocutionary Logic. Cambrige: Cambrige University Press.

Subroto, E. D. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. LPP UNS dan UNS Press.

Sudaryanto. (1988). Metode Linguistik Bagian Kedua: Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suryatin, E. (2018). Tindak Tutur Direktif Bahasa Indonesia pada Poster Kesehatam di Puskesmas Kota Banjarbaru. Undas, 14 (1), 117-128.

Utami, S. (2014). Bahasa Sebagai Maha Identitas Manusia. Jurnal Cemerlang, 2 (2), 1-9.

Yule, G. (2006). Pragmatik (edisi terjemahan oleh Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.