NOMINA DEADJEKTIVA DALAM BAHASA INDONESIA: SUATU TINJAUAN MORFOLOGI

Tias Nur Khasanah, F.X. Sawardi

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk morfologi nomina deadjektiva dalam bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung nomina deadjektiva dalam Bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel berjudul Salon Kepribadian Nadia (2013), dan Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SMA Kelas XI Semester 1 edisi revisi (2018), dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring edisi kelima (2016). Metode dan teknik pemerolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik (BUL) bagi unsur langsung serta teknik lanjutan berupa teknik perluas. Hasil analisis menunjukkan bentuk morfologi nomina deadjektiva berupa bentuk ke-D-an, peN-D, ke-D dan D-an.

Kata kunci: nomina, deadjektiva, ke-D-an, peN-D, ke-D dan D-an

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alwi, H., dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia Pendekatan Proses. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, R. (2015). Pembentukan Adjektiva Denominal dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 815–824.

Kridalaksana H. (1996). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana H. (2015). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nadia, A. (2013). Salon Kepribadian Jangan Jadi Muslim Nyebelin. Asma Nadia Publishing House.

Poerbowati, E. (2017). Deadjektiva Nomina Oleh Sufiks -Sa, _Mi, dan -Me. Parafrase, 17(2), 89–92.

Ramlan, M. (1985). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa : Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Diandra Primamitra.

Widiastuti, M. E. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SMA Kelas XI Semester 1. Aspirasi.

Widyastuti, C. S. (2008). Nomina Deverba peng-d, peng-d-an, dan d-an dalam Bahasa Indonesia. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Widyastuti, L. (2017). Nomina Denomina dalam Bahasa Indonesia. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Witri. (2016). Nominalisasi dalam Bahasa Indonesia pada Rubrik Opini Harian Kompas. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Padang: Universitas Andalas.

Zakaria, U. (2018). Nominalisasi Verba Bahasa Buol. Prosiding Seminar Nasional Pakar 2018 Buku II, 131–137.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.