FAKTA CERITA DALAM NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN: TINJAUAN STRUKTURALISME ROBERT STANTON

Krisnia Rahayu, Bagus Kurniawan

Sari

Strukturalisme memfokuskan kajian terhadap unsur-unsur dan hubungan antarunsur dalam karya sastra berdasarkan teks yang berupa narasi. Penelitian ini menjelaskan fakta cerita dalam novel Cantik itu Luka. Penilitian ini dikaji menggunakan teori strukturalisme milik Robert Stanton. Penelitian ini mendeskripsikan fakta cerita melalui analisis pada novel Cantik itu Luka. Data penelitian ini adalah narasi teks yang dalam bentuk formalnya akan berupa kata, kalimat, dan wacana. Data diperoleh dari novel Cantik itu Luka. Fakta cerita dalam novel tersebut berupa alur, karakter, dan latar. Secara umum, alur dalam novel tersebut menggunakan alur campuran, yaitu maju, mundur, dan maju. Karakter utama dalam novel tersebut adalah Dewi Ayu yang berkarakter cerdas, gila, dan pemberani. Sementara itu, latar yang paling sering disebut adalah latar tempat yang berada di Halimunda.

Kata kunci: strukturalisme, fakta cerita, Robert Stanton

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Christina, D. (2020). Unsur-Unsur dalam Novel Dekat dan Nyaring (2019) Karya Sabda Armandio. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Faruk. (2017). Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Pustaka Pelajar.

Hidayati, W. (2008). Pengaruh Dominasi Penjajah atas Subaltern dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan: Analisis berdasarkan Pendekatan Postkolonialisme. Disertasi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kurniawan, E. (2002). Cantik itu Luka. PT Gramedia Pustaka Utama.

Mustangin, R. (2017). Analisis Tokoh, Latar, dan Alur (Fakta Cerita) Bait Cinta Karya Geidurahman Elmishry dan Pembelajarannya di SMA. Surya Bahtera, 1(9).

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (1993). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiman, P. (1988). Memahami Cerita Rekaan. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Teeuw A. (1995). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Dunia Pustaka Jaya.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.