MAKNA ISTILAH-ISTILAH POLITIK PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM “PIKIRAN DAN PERJALANAN” BARASUARA: KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE

Sanggita Sekareka

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan makna lirik-lirik tiga lagu Barasuara, yakni Masa Mesias Mesias, Haluan, dan Tentukan Arah yang terdapat dalam album Pikiran dan Perjalanan. Jurnal ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian semiotika Riffaterre. Analisis semiotika Riffaterre mencakup empat hal, yakni ketidaklangsungan ekspresi, pembacaan heuristik dan hermeneutik, matriks, dan hipogram atau interteks. Hasil penelitian menunjukan ketidaklangsungan ekspresi meliputi penggantian arti berupa repetisi, asidenton, simbolik, metafora, metonimi, dan eksklamasio. Dalam penyimpangan arti, terdapat unsur ambiguitas, kontradiksi, dan nonsense. Dalam penciptaan arti, terdapat unsur tipografi, enjambemen, dan homolog. Pembacaan heuristik tidak menimbulkan perubahan kata. Pada pembacaan hermeneutik dapat diketahui bahwa ketiga lirik lagu memiliki makna kritik terhadap dunia politik. Tema dan masalah adalah mengenai tradisi buruk dalam ranah politik, keinginan untuk tetap menyatukan tujuan ditengah maraknya unjuk rasa dan tersebarnya berita bohong, dan pentingnya membersihkan pikiran dan hati untuk dapat menentukan pilihan atau arah yang tepat. Hipogram potensialnya adalah kehidupan sosial politik di Indonesia. Hipogram aktual berupa kata, frasa, kalimat dari karya terdahulu.

Kata kunci: semiotika Riffaterre, politik, lirik, Barasuara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dimyati, M. (2015). Intertekstual Lirik-Lirik Lagu Karya Ahmad Dhani: Sebuah Pendekatan Semiotik Riffaterre. Universitas Sebelas Maret.

Hurriyah. Ilusi Mesias Politik dalam Demokrasi Indonesia. https:// geotimes.id/kolom/politik/ilusi-mesias-politik-dalam-demokrasi-indon esia/ (diakses pada tanggal 1 Juli 2021 pukul 16.25 WIB).

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Muflikhul, K. (2018). Majas dalam Kumpulan Lirik Lagu Barasuara (Analisis Stilistika). Jurnal Mahasiswa Unesa. 5(2), 1-6.

Pamungkas, A.P. (2013). Aspek sosial politik dalam lirik lagu efek rumah kaca album kamar gelap: Pendekatan Semiotik Riffaterre. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Purwito, N.R. (2018). Puitika Lirik Lagu Barasuara: Sebuah Kajian Stilistika. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Riffaterre, M. (1978). Semiotics of Poetry. Bloomington: Indiana University Press.

Safitri, A. (2020). Pesan Dakwah dan Kritik Sosial pada Lirik Lagu (Analisis Semiotika Rolland Barthes pada Lirdeik Lagu “Haluan” Barasuara). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Sylado, R. (1983). Menuju Apresiasi Musik. Bandung: Angkasa.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.