TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DAKWAH ISLAM USTAZ MUHAMMAD NUZUL DZIKRI

Anisa Wakidah, Miftah Nugroho

Sari

Penelitian ini membahas tindak tutur direktif dalam dakwah Islam Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif dalam dakwah Islam Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Data yang dikaji pada penelitian ini merupakan tuturan Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri yang mengandung tindak tutur direktif. Sumber data diperoleh dari video kajian Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri yang diunggah pada beberapa kanal Youtube. Pada penelitian ini, data diperoleh menggunakan metode simak dengan teknik catat. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kontekstual. Pada penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan teori tindak tutur direktif Searle dan Vanderveken. Berdasarkan analisis data, ditemukan 7 jenis tindak tutur direktif yang dilakukan Ustaz Muhammad Nuzul Dziki, yaitu menyuruh, memperingatkan, melarang, bertanya, mengizinkan, memberi nasihat, dan berdoa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa faktor kedudukan sosial penutur memengaruhi jenis tindak tutur direktif yang digunakan.

Kata kunci: tindak tutur, tindak tutur direktif, dakwah Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Austin, J.L. (1962). How To Do Things With Words. New York: Oxford University Press.

Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Huang, Y. (2014). Pragmatics: Second Edition. Oxford University Press.

Jumanto. (2009). “Pragmatik dan Pengajaran Bahasa” dalam Panorama Pengkajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Leech, G. (1983). Principles of Pragmatics. New York: Longman.

Levinson, S. C. (1983). Pragmatics. New York: Cambridge University Press.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Pusparini, N. F. (2016). Tindak Tutur Ekspresif dalam Dakwah Kyai Haji Anwar Zahid (Kajian Pragmatik). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Searle, J. (1979). Expression and Meaning Studies in The Theory of Speech Act. Cambridge: Cambridge University Press.

Searle, J. R. dan Vanderveken, D. (1985). Foundations of Illocutionary Logic: Cambridge: Cambridge University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Syah, N. A. (2017). Kesantunan Tindak Tutur Direktif dalam Talk Show Satu Jam Lebih Dekat di TV ONE (Tinjauan Pragmatik). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), 94-111.

Thomas, J. (1995). Meaning in Interaction: an Introduction to Pragmatics. London/New York: Longman.

Ulfach, D. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Dakwah Ustaz Felix Y. Siauw: Kajian Pragmatik. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Wahyuni, W. (2018). “Analisis Maksim Kesantunan Berbahasa Indonesia Dakwah Ustaz Nur Maulana Melalui Trans TV”. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Makassar: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.

Yule, G. (1996). Pragmatics. New York: Oxford University Press.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.