TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM TALK SHOW PAS BUKA PADA KANAL YOUTUBE TRANS 7 OFFICIAL

Zulfa Nur Widowati

Sari

Penelitian tentang tindak tutur tidak hanya ditemukan dalam percakapan sehari-hari, tetapi dalam media komunikasi via elektronik dan online berupa talk show. Talk show sebagai media penyampaian dengan tayangan yang memberikan informasi yang sedang booming yang dibungkus dengan hiburan bagi para penonton. Hal inilah yang menjadikan talk show layak untuk dikaji pada kajian tindak tutur. Dalam talk show, banyak terdapat tindak tutur direktif yang digunakan oleh pembawa acara dan narasumber, seperti dalam talk show Pas Buka. Pada penelitian ini dibahas tindak tutur direktif dalam Talk Show Pas Buka pada kanal Youtube Trans 7 Official. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dalam talk show Pas Buka pada kanal Youtube Trans 7 Official dengan menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat sebagai metode dan teknik pemerolehan data, kemudian metode analisis data menggunakan metode analisis kontekstual. Data dalam penelitian ini adalah tuturan antara pemain talk show, penonton, dan bintang tamu yang mengandung tindak tutur direktif dalam talk show Pas Buka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan dalam talk show Pas Buka terdapat tujuh bentuk tindak tutur direktif berupa mempersilakan, meminta, bertanya, melarang, memerintah, mengajak, dan menyarankan.   

Kata kunci: tindak tutur, tindak tutur direktif, talk show.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Austin, J. L. (1962). How to Do Things with Words. New York: Oxford University Press.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairul, N. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Kesantunan Berbahasa Pada Komunikasi Transportasi Laut. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Devy, E. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan Dalam Acara Talk show Sarah Sechan. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik (terjemahan versi Dr.M.D.D.Oka, M.A). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mardhiyah, A. (2019). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan Dalam Acara Women’s Day di Radio Metta FM Surakarta. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Moleong, L, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, T. (2019). Tindak Tutur Direktif Pada Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye. Jurnal Korpus. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Rahardi, R. K. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Searle, J.R. (1969). Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Searle, J.R. (1979). Expression and Meaning: Studies in the Theory of Speech Acts. Cambridge: Cambridge University Press.

Searle, J. R. dan Vanderveken, D. (1985). Foundations of Illocutionary Logic. Cambridge: Cambridge University Press.

Silvester. (2018). Analisis Tindak Tutur Direktif pada Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran di Kelas V SD Kanisius Sumber Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Subroto, E. (1992). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tanpa Penulis. Pas Buka. https://www.youtube.com/pasbukatrans7. (Diakses pada tanggal 4 Mei 2021pukul 15.00 WIB).

Tanpa Penulis. Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir. (Diakses pada tanggal 5 Mei 2021 pukul 20.00 WIB).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.