ANALISIS WACANA IKLAN GUY COOK PADA PRODUK MAKANAN MI INSTAN INDOMIE

M. Aflah Ardiansyah, Hanifullah Syukri

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan teks wacana iklan pada produk makanan mi instan Indomie. Penelitian ini mengkaji wacana iklan dengan menggunakan pendekatan teks dari analisis wacana iklan oleh Guy Cook. Data penelitian berupa tindakan, tuturan, jingle, dan soundtrack dalam wacana iklan. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah iklan Indomie tahun 1970-an, 1980-an, 1990-an, 2000-an, dan 2010-an. Kelima sumber data tersebut diakses peneliti melalui kanal YouTube Indomie. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan metode simak bebas libat cakap dan dilanjutkan dengan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode agih dan metode padan. Selain dengan kedua metode tersebut, peneliti juga menggunakan metode pendekatan wacana iklan Guy Cook. Hasil penelitian teks wacana iklan Indomie ini berupa bentuk denotasi, konotasi, dan paralelisme. Secara spesifik, hasil yang ditemukan atas analisis teks pada iklan Indomie, yaitu (i) tahun 1970-an berupa konotasi, denotasi dan paralelisme; (ii) tahun 1980-an berupa denotasi dan paralelisme; (iii) tahun 2000-an berupa denotasi dan paralelisme; dan (iv) tahun 2010-an berupa paralelisme. Penggunaan satuan lingual konotatif bertujuan untuk melebih-lebihkan tuturan. Sebaliknya, satuan lingual denotatif tidak ditujukan untuk melebih-lebihkan tuturan. Sementara iu, paralelisme digunakan untuk memperkuat nuansa makna dalam iklan.

Kata kunci: analisis wacana, iklan, Indomie

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alwi, H., et al. (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa.

Blech, G.E. & Blech, M.A. (2003). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Comunication Perspective 6th edition. New York: The McGraw-Hill.

Cook, G. (2003). The Discourse of Advertising. New York: Routledge.

Djajasudarma, F. (1994). Wacana: Pemhaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Eresco.

Indomie Flavour, Favoured by The World - Home. Indomie.com. (2020). Retrieved 2 November 2020, from http://www.indomie.com/.

Natashia, Dian. (2015). Wacana Iklan Parodi Jepang Fanta Gakuen Sensei Series. Lingua Cultura, 9(1), 13-20.

Rusminto. (2015). Analisis Wacana; Kajian Teoritis dan Praktis. Graha Ilmu.

Samsuri. (1988). Analisis Wacana. Malang: IKIP Malang.

Subroto, E. (1992). Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto. (1990). Aneka Konsep Kedataan Lingual dalam Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumarlam. (2003). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Pustaka Cakra.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.