PENGGUNAAN STRATEGI KETIDAKSANTUNAN NEGATIF DALAM KANAL YOUTUBE CURHAT BANG DENNY SUMARGO

A’idah Husna Luthfiyyah Ans, Miftah Nugroho

Sari

Artikel penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang penggunaan strategi ketidaksantunan negatif antara pembawa acara (PA) dan narasumber (N) dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. Data dalam penelitian ini berupa dialog yang di dalamnya terdapat tuturan yang mengandung bentuk strategi ketidaksantunan negatif dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. Sumber data yang digunakan yakni lima video dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. Artikel penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode simak menggunakan teknik unduh dan teknik catat. Data dalam artikel penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis kontekstual dan disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian penggunaan strategi ketidaksantunan negatif yang ditemukan pada kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo terdiri dari lima substrategi, yaitu (i) menakut-nakuti, (ii) mencemooh atau mengejek orang lain, (iii) menyalahkan orang lain, (iv) meremehkan orang lain, dan (v) melanggar ruang pribadi.

Kata kunci: pragmatik, strategi ketidaksantunan negatif, kanal youtube curhat bang denny 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Culpeper, J. (1996). Towards an Anatomy of Impoliteness. Journal of Pragmatics, 25(3), 349-367.

Darjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Kharisma, A. (2018). Ketidaksantunan Praktisi Hukum terhadap Saksi Ahli dalam Sidang Jessica Kumala Wongso. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

Leech, G. (1983). Principles of Pragmatics. New York: Longman.

Putri, J. J. D. (2020). Ketidaksantunan Berbahasa dalam Film The Raid dan The Raid 2: Berandal Karya Garteh Evaus. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

Rahardi, R. K. (2009). Sosiopragmatik: Kajian Imperatif dalam Wadah Konteks Sosiokulturan dan Konteks Situasionalnya. Jakarta: Erlangga.

Rahardi, R. K. (2014). Kata Fatis Penanda Ketidaksantunan Pragmatik dalam Ranah Keluarga. Adabiyyāt; Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(2), 149-175.

Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Wijayanto, A. (2014). Ketidaksantunan Berbahasa: Penggunaan Bahasa Kekerasan di Sinetron Bertema Kehidupan Remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.