KEGIATAN PRODUKSI KARYA SASTRA DI PENERBIT BUKU MOJOK: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA ROBERT ESCARPIT

Nur Madinatul Wahidah

Sari

Penelitian ini mengkaji kegiatan produksi karya sastra yang dilakukan oleh penerbit Buku Mojok dengan menggunakan teori sosiologi sastra Robert Escarpit. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah proses produksi karya sastra, mulai dari naskah masuk, seleksi naskah, karakteristik tema dan gaya bahasa, segmentasi pembaca, penulis karya sastra, hingga naskah tersebut cetak. Pembatasan masalah pada penelitian ini dibatasi pada kegiatan produksi yang dilakukan penerbit Buku Mojok dalam menerbitkan karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan teknik catat. Data berupa kegiatan produksi di penerbit Buku Mojok dan karya sastra yang diterbitkan Buku Mojok. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari artikel, jurnal ilmiah, dan wawancara dengan Pimpinan Redaksi penerbit Buku Mojok. Hasil analisis dari penelitian ini dapat ditarik simpulan bahwa penerbit Buku Mojok dalam melakukan kegiatan produksi harus melalui berbagai tahapan yang selektif untuk menjadi penerbit yang menerbitkan karya sastra berkualitas dan sehat. Penerbit Buku Mojok dalam produksi karya sastranya sangat mengedepankan nilai naskah yang berkualitas yang memiliki relevansi tema dengan segmentasi pembaca sekaligus selera pasar. Penerbit Buku Mojok memandang bahwa sinergi antara kualitas dan pasar dapat membantu penerbit dalam menghadapi persaingan.

Kata Kunci: karya sastra; naskah; produksi; sosiologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmad, A. (2018). Sunyi di Dada Sumirah. Yogyakarta: Buku Mojok.

Puthut, E. A. (2017). Sebuah Kitab yang Tak Suci. Yogyakarta: Buku Mojok.

Eneste, P. (2009). Buku Pintar Penyuntingan Naskah - Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Erawati, C. (2017). Proses Penerbitan Karya Sastra dan Ideologi Penerbit Kabarita Padang. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Padang: Universitas Andalas.

Escarpit, R. (2005). Sosiologi Sastra (Terjemahan oleh Ida Sundari Husen). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Helmi, R. L., dkk. (2017). Pedoman Penerbitan Buku LIPI Press/Tim E-Learning Publishing (e-LIPs) LIPI Press. Jakarta: LIPI Press.

Hidayat, M. N. (2017). Dinamika Jakarta Nyastra dalam Produksi, Distribusi, dan Konsumsi Sastra pada Media Sosial Line: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Skripsi. Universitas Diponegoro.

Kurniawan, S. T. (2020). Analisis Fakta Cerita, Sarana Sastra, dan Tema dalam Cerpen "Bromocorah" Karya Mochtar Lubis. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Sanata Dharma.

Manuaba, I. B. P. (2019). Komunitas Sastra, Produksi Karya, dan Pembangunan Karakter. Mozaik Humaniora, 19(1), 37--47.

Noor, R. (2018). Sistem Mekanisme Pemerolehan Naskah Novel Chiklit dan Teenlit Indonesia pada Tiga Penerbit. Nusa, 13(2).

Puja, A. (2019). Konspirasi Hujan. Yogyakarta: Buku Mojok.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyatmi. (2013). Bahan Ajar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.