CITRA PEREMPUAN DALAM BUKU ANAK 20 CERITA MANIS DIAMBIL DARI MAJALAH BOBO

Linda Yuswara

Sari

Sastra anak merupakan karya sastra yang dibuat oleh orang dewasa maupun anak-anak yang ditujukan untuk anak-anak. Sastra anak biasanya bersifat mendidik dan menanamkan pesan moral tertentu. Sastra anak tak lepas dari wacana-wacana tertentu. Sastra anak yang masih digemari oleh anak-anak hingga sekarang adalah cerpen-cerpen dari Majalah Bobo. Penelitian ini akan membahas mengenai citra perempuan dalam cerpen-cerpen majalah Bobo yang terdapat pada buku kumpulan cerpen berjudul 20 Cerita Manis Diambil dari Majalah Bobo yang dicetak pada tahun 2016 oleh PT Gramedia. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerpen-cerpen tersebut tak lepas dari wacana mengenai bias gender dan citra perempuan. Citra perempuan dalam cerpen-cerpen Majalah Bobo dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu perempuan sebagai makhluk yang irasional dan perempuan dalam figur seorang ibu. Bias gender dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu toxic maskulinitas dan subordinasi perempuan. Kedua aspek penting tersebut kemudian dihubungkan dengan pengarang dan Majalah Bobo. Hubungan antara pengarang, Majalah Bobo, dan citra perempuan dibagi menjadi dua aspek, yaitu pengarang, citra perempuan, dan toxic maskulinitas, serta Majalah Bobo, citra perempuan, dan toxic maskulinitas. Ideologi dan pandangan pengarang dan Majalah Bobo mengenai gerakan feminisme merupakan aspek paling penting dalam penelitian ini.

Kata kunci: citra perempuan; feminisme; majalah Bobo; toxic maskulinitas; pengarang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anggraini, P. (2016). Citra Tokoh Perempuan dalam Cerita Anak Indonesia (Sebuah Pendekatan Kritik Feminisme). Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 67-76.

Bhasin, K. & Khan, N. S. (1995). Feminisme dan Relevansinya. Terjemahkan oleh S. Herlinah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djajanegara, S. (2000). Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fakih, M. (1996). Menggeser Konsepsi Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haspels, N. & Suriyasarn, B. (2005). Meningkatkan Kesetaraan Gender dalam Aksi Penanggulangan Pekerja Anak serta Perdagangan Perempuan dan Anak. Jakarta: Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) Program Internasional Penghapusan Pekerja Anak (IPEC) Kantor Subregional untuk Asia Timur.

Haryono, D., dkk. (2016). 20 Cerita Manis Diambil dari Majalah Bobo. Jakarta: PT Gramedia.

Himawati, I. (2012). Kesetaraan Gender dalam Cerpen “Celemek Raka” Pada Majalah Bobo Tahun 2012. Artikel. Bandung: UPI.

Huck, C., dkk. (1987). Children Literature in Elementary School. Chichago: Rand Mc Nally College Publishing Company.

Nugroho, R. (2008). Gender dan Strategi Pengarus-utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak Pengatar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.

Rahayu, L. M. (2009). Kekuatan Gambar pada Pencitraan: Penggambaran Perempuan dalam Buku Pelajaran. Proceding. Jakarta: UNJ.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Romadhon, F. P. (2016). The Figure of Girl in a Short Stories Bobo Weekly Magazine Edition from April to June 2015. Artikel. Yogyakarta: UNY.

Sari, D. N. K., dkk. (2010). Perspektip Gender Anak Usia Dini melalui Reproduksi Narasi Buku Cerita Anak Berketip Gender. Jurnal UPI. Bandung: UPI.

Satoto, S. (1989). Pengkajian Drama. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugihastuti & Saptiawan, I. H. (2007). Gender dan Inferioritas Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widianingsih, L. (1999). Responsibilitas Gender dalam Penulisan Bahan Ajar. Bandung: Departemen Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Wiyatmi. (2012). Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.