KETAKSADARAN PENGARANG DALAM NOVEL ROOFTOP BUDDIES KARYA HONEY DEE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA SIGMUND FREUD

Desita Wahyuningtias

Sari

Penelitian ini mengkaji ketaksadaran pengarang dalam novel Rooftop Buddies karya Honey Dee dengan penerapan psikologi sastra Sigmund Freud. Permasalahan yang dibahas berupa ketaksadaran pengarang yang muncul melalui kondensasi, pengalihan, dan simbolisasi bahasa yang terdapat dalam karya sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Objek material penelitian ini adalah novel Rooftop Buddies, sedangkan objek formalnya berupa ketaksadaran pengarang yang muncul dalam novel Rooftop Buddies. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori psikologi sastra Sigmund Freud. Simpulan penelitian ini adalah (1) ditemukannya metafora naluri kematian, metafora pamer, dan metafora sadisme serta masokhisme dalam kondensasi; (2) ditemukannya metonimi narsisisme dan metonimi naluri kehidupan dalam pengalihan; (3) ditemukannya metafora kesepian, metafora pemberontakan, dan metafora aset wanita dalam simbolisme.

Kata kunci: Honey Dee; ketaksadaran; Rooftop Buddies; Sigmund Freud

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Agus, N. (2013). Proses Kondensasi Imaji dan Pengalihan Mimpi dalam Dongeng Nenek Pakande. Atavisme, 6(1), 71—84.

Dee, H. (2018). Rooftop Buddies. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dee, H. (2019). Filthy Shade of Drey. Yogyakarta: CV Heksa Mediapressindo.

Febriani, R. (2017). Sigmund Freud vs Carl Jung: Sebuah Pertikaian Intelektual antarmazhab Psikoanalisis. Yogyakarta: Penerbit Sociality.

Freud, S. (2009). Pengantar Umum Psikoanalisis (Haris Setiowati, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Freud, S. (2015). Psikopatologi dalam Kehidupan Sehari-hari (M. Sururi, penerjemah). Yogyakarta: Familia.

Freud, S. (2017). Totem & Taboo (Kurniawan Adi Saputro, penerjemah). Yogyakarta: Immortal Publishing dan Octopus.

Freud, S. (2018). Masa Depan Sebuah Ilusi (Cep Subhan KM, penerjemah). Yogyakarta: Circa.

Freud, S. (2019). Three Contributions to The Theory of Sex (April Danarto, penerjemah). Yogyakarta: Immortal Publishing dan Octopus.

Freud, S. (2020a). Civilization and Its Discontents: Peradaban dan Kekecewaan-Kekecewaan (April Danarto, penerjemah). Yogyakarta: Immortal Publishing dan Octopus.

Freud, S. (2020b). Narsisme (Sasti Gotama, penerjemah). Yogyakarta: Circa.

Freud, S. (2020c). The Interpretation of Dreams Tafsir Mimpi (H. Supriyanto Abdullah, penerjemah). Yogyakarta: Indoliterasi.

Hall, C. S. (2019). Psikologi Freud: Sebuah Bacaan Awal (Cep Subhan KM, penerjemah). Yogyakarta: IRCiSoD.

Hariyana, A. (2013). Refleksi Naluri Kematian Penyair Emily Dickinson dalam 5 Puisi Karyanya. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Genap 2012/2013 Universitas Darma Persada, Tahun I/No. 2/Agustus 2013.

Hariyana, A. & Zuriyati. (2019). Naluri Kematian Tokoh Abdul Ghani Zahid dalam Novel Mencari Perempuan yang Hilang Karya Imad Zaki Terjemahan Zuriyati. Diglosia – Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Sastra Indonesia (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Majalengka), 3(2).

Hiasa, F. (2016). Ketinduan pada Yang Real dalam Novel Akar Karya Dee. Jurnal Poetika, 4(2).

Manik, R. A. (2016). Hasrat Nano Riantiarno dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika, 4(2).

Milner, M. (1992). Freud dan Interpretasi Sastra (Apsanti Ds., Sri Widaningsih, dan Laksmi, penerjemah). Jakarta: Intermasa.

Nizam, M. A. (2019). Ketidaksadaran Pengarang dalam Novel Surga Retak Karya Syahmedi Dean: Tinjauan Psikologi Sastra Sigmund Freud. Skripsi. Sastra Indonesia, FIB, Universitas Sebelas Maret.

Russida, C. A. (2018). Metonimi Pengarang Melalui Perilaku Abnormal Tokoh dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari (Studi Psikoanalisis Sigmund Freud. Nuansa Indonesia, 20(2).

Toha-Sarumpaet, R. K. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak: Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Widodo, W. A. (2017). Ketidaksadaran Pengarang dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata: Tinjauan Psikologi Sastra Sigmund Freud. Skripsi. Sastra Indonesia FIB Universitas Sebelas Maret.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.