FAKTA SOSIAL SASTRA DALAM KARYA TERBITAN SOLOPOS: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA ROBERT ESCARPIT

Angela Niti Reyfermaysuri

Sari

Penelitian ini mengkaji proses seleksi distribusi dengan mengambil objek kajian cerpen-cerpen surat kabar Solopos yang dimuat pada edisi Minggu dalam rubrik Jeda dengan menggunakan teori sosiologi Robert Escarpit. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah proses seleksi karya, tema-tema yang ditentukan, dan karakteristik estetika surat kabar Solopos dalam proses interpretasi karya. Pembatasan masalah dalam penelitian ini difokuskan pada proses distribusi seleksi karya sastra yang diterbitkan oleh surat kabar Solopos setiap minggunya selama empat bulan, mulai dari bulan Januari - April pada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi. Data dalam penelitian ini adalah proses seleksi, pengarang, bentuk kolom, jumlah kata, dan karakteristik estetika cerpen-cerpen dalam rubrik Jeda Solopos. Sumber data dalam penelitian ini adalah proses penerbitan, pengarang, bentuk kolom, jumlah kata, dan proses naskah masuk ke redaktur sampai diterbitkan melalui hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan redaktur Solopos sebagai penyeleksi naskah. Simpulan kajian ini adalah surat kabar Solopos memiliki ideologi, proses seleksi, dan karakteristik estetika tersendiri dalam proses penerbitan karya sastra yang dipublikasikan pada edisi minggu Solopos. Beberapa proses seleksi berdasarkan bahasa, bobot naskah, orisinalitas, dan pengemasan naskah. Karakteristik estetika cerpen-cerpen dari tema, gaya bahasa, alur, dan amanat harus dapat tersampaikan kepada pembaca dan menunjukkan implikasi antara proses seleksi dengan surat kabar Solopos.

Kata Kunci: cerpen; distribusi; seleksi; sosiologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ae, J. (2020). Sri. Surakarta

Chasanah, F. (2012). Peran Penerbit Galangpress dalam Bidang Produksi Buku-Buku Sastra Terakhir Karya Gm . Sudarta. Jurnal Skripsi Universitas Diponegoro Semarang, Vol 2 .

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Endraswara, S. (2012). Teori Pengkajian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: UNY Press.

Escarpit, R. (2005). Sosiologi Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Firmansyah, E. (2020). Lelaki yang Mencitai Kopi. Surakarta.

Kansuri, F. (2020). Malam Pertama yang Miring ke Kiri. Surakarta.

Kusumah, A. T. (2020). Taman Sriwedari dan Seraut Wajah Masa Lalu. Surakarta.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Retnaningsih, A. (1983). Roman dalam Masa Pertumbuhan Kesusastraan Indonesia Modern. Jakarta: Erlangga.

Saptono, A. (2020). Pemimpi. Surakarta.

Sastra, S., & Hum, M. (2017). Dinamika Jakarta Nyastra Dalam Produksi, Distribusi, Dan Konsumsi Sastra Pada Media Sosial Line: Kajian Sosiologi Sastra Disusun Oleh: Miftahul Nur Hidayat – 13010113120018. 1–14. 1 November 2019.

Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Sudjiman, P. (1992). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.