STRATEGI KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM TELEVISI (FTV) INDONESIA

Shalsabilla Kurnia Putri

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi ketidaksantunan yang terdapat dalam FTV Indonesia. Data penelitian ini berupa dialog tokoh di FTV yang di dalamnya mengandung strategi ketidaksantunan. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari lima judul film televisi (FTV) yang diproduksi oleh MD Entertaiment, yaitu (i) Asmara Lewat Udara, (ii) Bos Jutek VS OB Kece, (iii) Cinta Lewat Tangga Darurat, (iv) Peyek Mini Rasa Cinta, dan (v) Lapangan Parkir di Hatimu yang diambil dari kanal Youtube MD Entertaiment yang diproduksi oleh MD Entertaiment yang telah diunggah di kanal Youtube MD Entertaiment. Analisis data didasarkan pada teori strategi ketidaksantunan yang dicetuskan oleh Jonathan Culpeper. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi ketidaksantunan yang ditemukan dalam FTV Indonesia adalah (i) strategi ketidaksantunan secara langsung, (ii) strategi ketidaksantunan positif, (iii) strategi ketidaksantunan negatif, dan (iv) sarkasme atau kesantunan semu.

Kata kunci: FTV Indonesia; ketidaksantunan; strategi ketidaksantunan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Culpeper, J. (1996). Towars an Anatomy of Impoliteness. Journal of Pragmatics. United Kingdom: Elsevier.

Culpeper, J. (2003). Impoliteness Revisited: With Special Reference to Dynamic and Prosodic Aspect. Journal of Pragmatics. Lancaster: Lancaster University.

Culpeper, J. (2008). Reflecion on Impoliteness, Relational, and Power. Dalam Bousfield, D. & Locher, M. A. (Ed.). (2008). Impoliteness in Language: Studies on its Interplay with Power in Theory and Practice. New York: Mounton de Guyter.

Kharisma, A. (2018). Ketidaksantunan Praktisi Hukum Terhadap Saksi Ahli Dalam Sidang Jessica Kumala Wongso. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Univeristas Sebelas Maret.

Leech, G. (1993). Principles of Pragmatics. New York: Longman Linguistic Library.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahardi, K., Setyaningsih, Y., & Dewi, R. P. (2014). Kata Fatis Penanda Ketidaksantunan Pragmatik Dalam Ranah Keluarga. Adabiyyat, 13(2), 149-175.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sumarlam. (2017). Pemahaman dan Kajian Pragmatik. Surakarta: bukuKatta.

Utami, K. L. (2019). Strategi dan Fungsi Ketidaksantunan Dalam Reality Show 86 di NET TV. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wijayanto, A. (2014). Ketidaksantunan Berbahasa: Penggunaan Bahasa Kekerasan di Sinetron Bertema Kehidupan Remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yule, G. (2006). Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press Padang.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.