ROEMAH OBAT DI PULAU PENJENGAT: ANALISIS SEMIOTIKA

Aby Rafdi Ruthtama Surya

Sari

Abstrak

Penelitian teks Roemah Obat di Pulau Penjengat dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam naskah. Berdasarkan inventarisasi naskah yang telah dilakukan melalui studi katalog terbitan dan katalog daring dapat diketahui bahwa naskah ROdPP merupakan naskah tunggal. Oleh karena itu, metode penyuntingan teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode edisi standar. Masalah yang dianalisis dalam penelitian ini adalah penyuntingan teks ROdPP dan meneliti tentang bentuk ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam teks ROdPP menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Tipologi ini menekankan cara-cara berbeda di mana tanda merujuk pada objeknya, ikon dengan kualitasnya sendiri, indeks dengan hubungan nyata dengan objeknya, dan simbol oleh kebiasaan atau aturan untuk penafsirnya. Teks Roemah Obat di Pulau Penjengat menggunakan bahasa Arab dan Melayu Jawi. Di sisi lain analisis semiotika yang terdapat di dalam teks Roemah Obat di Pulau Penjengat berupa ikon, indeks, dan simbol yang terdapat didalam beberapat obat Minyak Halija, Minyak Garam, Minyak Bawang Putih, Minyak Kemenyan, Minyak Belerang dan Minyak Bunga Lawang.

Kata-kata kunci: jenis minyak, ikon, indeks, simbol

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Baried, S. B., dkk. (1994). Pengantar teori filologi. Yogyakarta: BPPF, Seksi Filologi, Fakultas Sastra, UGM.

Deely, J. (1982). Introducing semiotic: Its history and doctrine. Bloomington: Indiana University Press.

Elimasni. (2005). Perbanyakan bibit kemenyan sumatrana (styrax benzoin dryander) secara kultur jaringan, USU Repository.

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Jayusman. (2014). Mengenal pohon kemenyan (styrax spp) jenis dengan spectrum pemanfaatan luas yang belum dioptimalkan. Jakarta.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudardi, B. (2001). Naskah, teks, dan metode penelitian filologi. Surakarta: Penerbit Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.

Waugh, A. (2007). Anatomy and physiology in health and illness. Edinburgh: Elsevier.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.