AJARAN TIGA PILAR AGAMA ISLAM DALAM TEKS SYAIR ORANG BERBUAT AMAL

Sagita Tearisha

Sari

Teks Syair Orang Berbuat Amal (1806) merupakan teks kesusastraan Melayu yang masuk dalam golongan syair keagamaan. Teks ini berisi ayat naratif ajaran tiga pilar dalam agama Islam. Teks ini dikarang oleh fakir Daar „l-aamaan di Nagari Kedah pada tahun 1806 dan terjemahan Al-quran dan sunah Rasulullah saw. digunakan sebagai dasar untuk mengungkapkan ajaran tiga pilar agama Islam yang terdapat dalam teks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah naskah berjudul Collection of Three Syair and One Hikayat dengan kode MSS Malay B 3 yang di dalamnya memuat teks Syair Orang Berbuat Amal. Naskah tersebut disimpan di British Library. Proses penyuntingan menghasilkan adanya kesalahan salin tulis dan ketidakkonsistenan penulisan yang terdiri atas lima puluh lima lakuna, empat adisi, tujuh puluh enam substitusi, dua ditografi, dan empat puluh enam  ketidakkonsistenan. Dari analisis yang telah dilakukan, ada tiga ajaran dasar dalam agama Islam yang menjadi tingkatan kesempurnaan ibadah kepada Allah Swt., yaitu rukun Islam, iman, dan ihsan. Teks ini menyebutkan dengan lengkap lima perkara rukun Islam, enam perkara rukun iman, dan ihsan tanpa ada sedikit pun pengurangan dalam ajaran dasar agama Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arroisi, A. (1988). Keberadaan Manusia di Muka Bumi. Bandung: ROSDA. Azhar, T.N. dan Sulaiman, E. (2007). Simbol-Simbol Salat. Bandung: Madania Prima.

Daradjat, Z. (1995). Ilmu Fiqh (Jilid 1). Jakarta: Dana Bhakti Wakaf. Djamaris, E. (2002). Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Monasco.

http://britishlibrary.typepad.co.uk/asian-and-african/malay.html. Diakses pada 15 April 2016 pukul 10:07 WIB.

KBBI offline.

Muhammad, S. (2012). Ringkasan Fiqih Islam. Indonesia Islam House.

Rujiati-Mulyadi, S. W. (1994). Kodikologi Melayu di Indonesia. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Sumaji, M. A. (2008). 125 Masalah Salat. Solo: Tiga Serangkai.

www.bl.uk/manuscripts/FullDisplay.aspx?ref=MSS_Malay_B_3, diakses pada tanggal 20 April 2016 pukul 20:00 WIB.

www.bl.uk, diakses pada tanggal 15 April 2016 pukul 10:05 WIB.

Zuhdi, M. N. dan Arifin, M. L. (2008). 125 Masalah Haji. Solo: Tiga Serangkai.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.