KEEKSPRESIFAN UNGKAPAN METAFORA DALAM MEDIA DARING BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN TELEKOMUNIKASI (SUATU TINJAUAN SEMANTIK)

Fakhri Firliandi

Sari

Tulisan ini merupakan penelitian tentang penggunaan ungkapan metafora yang difokuskan pada bidang teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori metafora Ullman dan Wahab dalam kajian analisisnya. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang di dalamnya mengandung ungkapan metafora. Artikelartikel portal berita pada kanal Teknologi selama periode 2018 menjadi sumber data dalam penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP), teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP), dan metode analisis komponen makna. Hasil analisis menunjukkan ungkapan metafora dalam media daring bidang teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia dapat mencakup 8 kategori meliputi, (i) metafora BEING, (ii) metafora ENERGY, (iii) metafora SUBSTANCE, (iv) metafora TERRESTRIAL, (v) metafora OBJECT, (vi) metafora LIVING, (vii) metafora ANIMATE, dan (viii) metafora HUMAN. Metafora dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi memiliki kemiripan tenor dan wahana yang bersifat objektif dan bersifat emotif. Selain itu, tingkat ekspresivitas yang dibangun dari perbandingan tenor dengan wahana akan membuat ungkapan metafora menjadi efektif apabila antara tenor dan wahana memiliki komponen makna yang berdekatan, sedangkan ungkapan metafora menjadi kurang efektif apabila antara tenor dan wahana memiliki komponen makna yang cukup jauh.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Lakoff, G. dan Johnson, M. (1980). Metaphors We Live By. Chicago: The University of ChicagoPress.

Lyons, J. (1995). Linguistic Semantics: An Introduction. Cambridge: Cambridge UniversityPress.

Nida, E. A. (1975). A Componential Analysis of Meaning: An Introduction to Semantic Structures. The Hague: Mouton Publishers.

Subroto, D. E. (2011). Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Surakarta: Cakrawala Media.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Ullman, S. (2014). Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahab, A. (1995). Isu Linguistik Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.