REGISTER DALAM GRUP FACEBOOK “JUAL BELI MOTOR BEKAS SOLO & SEKITARNYA”

Andre Chrisma Tri Widodo

Sari

Tulisan ini mengkaji mengenai penggunaan register yang digunakan dalam grup Facebook “Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya”. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata (bentuk tunggal dan bentuk kompleks), frasa, bentuk abreviasi, dan bentuk gabungan yang termasuk register dalam grup Facebook “Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya”. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah grup Facebook “Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya”. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode padan referensial, metode padan translasional, dan metode padan pragmatis, sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik pilah unsure penentu (PUP). Kemudian, hasil analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bentuk register yang ditemukan dalam grup Facebook “Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya” berbentuk kata dasar, bentuk kompleks (kata berafiks, bentuk reduplikasi, dan kata majemuk), bentuk frasa, bentuk abreviasi (singkatan dan kontraksi), dan bentuk gabungan. Selanjutnya, makna register dalam grup Facebook“Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya” hanya digunakan dan hanya dapat dipahami oleh anggota yang tergabung dengan grup Facebook tersebut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta. Holmes, J. (1997). Learning about Language: An Introduction to Sociolinguistics. Malaysia: Longman.

Kridalaksana, H. (1989). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Ramlan, M. (2005). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Ramlan, M. (2012). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Rani, A., et.al. (2006). Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayu Media Publishing.

Wardhaugh, R. dan Fuller, J. M. (2015). An Introduction to Sociolinguistics: Seventh Edition. UK: John Wiley & Sons Ltd.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.