METONIMI PENGARANG MELALUI PERILAKU ABNORMAL TOKOH DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI (STUDI PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD)

Corvi Aldhecca Russida

Sari

Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari memberikan sudut pandang yang berbeda tentang perilaku abnormal. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana metonimi dari perilaku abnormal tokoh dalam novel Pasung Jiwa? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan dan mendeskripsikan metonimi dalam Pasung Jiwa. Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Jenis ini menggunakan pendekatan jenis ekspresif. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis psikokritik. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, 1) melalui metonimi kekuasaan Okky Madasari menganggap bahwa perilaku abnormal bukan merupakan gangguan jiwa, melainkan sebagai implementasi akibat terkungkung oleh norma dan larangan yang mengikat. Perilaku abnormal merupakan wujud kebebasan dari kekuasaan yang mengekang prinsip hidup seseorang. Gangguan jiwa dalam Pasung Jiwa tidak diartikan sebagai gangguan yang murni berasal dari psikis, tetapi lebih kepada bentuk pemberontakan terhadap kekuasaan, 2) Pasung Jiwa merupakan wadah bagi Okky Madasari untuk menyampaikan hasratnya tentang hak asasi LGBT. Di dalamnya Okky Madasari menyamarkan bentuk dukungannya terhadap LGBT dan hal itu dipengaruhi pengalamannya pernah berteman dengan kelompok gay, 3) bunuh diri digunakan Okky Madasari sebagai simbol untuk menunjukkan keberanian dalam arti yang berlainan, yakni keberanian dalam menghadapi hidup.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualittaif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V (daring). Jakarta.

Milner, Max. 1992. Freud dan Interpretasi Sastra. Jakarta: Intermasa.

Madasari, Okky. 2013. Pasung Jiwa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, Atar. 1984. Anatomi Sastra. Padang: Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FPBS IKIP Padang.

Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Susanto, Dwi. 2016. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Madasari, Okky. 30 Januari 2016. “I Hated Gays, They Weren’t Real Back Then” http://www.thejakartapost.com/news/2016/01/30/i-hated-gays-and-they- weren-t-real-back

then.html (Diunduh pada tanggal 3 April 2018).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.