REPRESENTASI INSAN KAMIL DALAM SYAIR HIDAYATUL IHSAN: PENDEKATAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES

Nuraini Isti Kusumah

Sari

Teks Syair Hidayatul Ihsan merupakan salah satu teks sastra Melayu Klasik yang ditulis oleh Raja H. Ahmad bin Raja H. Hasan. Ia merupakan seorang ulama dan tabib kerajaan Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari suntingan teks Syair Hidayatul Ihsan dengan naskah digitalnya tersimpan di laman  https://eap.bl.uk/archieve- file/EAP153-6-1, British Library dengan nomor meta data EAP/153/6/1. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa teks SHI mengandung sembilan buah pasal. Kesembilan pasal tersebut memiliki makna konotasi yang merujuk pada perilaku pribadi insan kamil. Representasi insan kamil yang dimaksud dalam teks mengandung enam pesan, yaitu (1) penyadaran untuk mentaati perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya dengan keikhlasan; (2) penyadaran untuk memiliki bekal ilmu; (3) penyadaran untuk melakukan perkara-perkara yang baik; (4) penyadaran untuk bersyukur atas nikmat Allah Swt.; (5) penyadaran untuk membina hubungan baik dengan sesama; (6) penyadaran akan datangnya kematian dan hari akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Barthes, Roland. 2007. Membedah mitos-mitos budaya massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi (Edisi trj. Ikramullah Mahyuddin). Yogyakarta: Jalasutra.

Barthes, Roland. 2012. Elemen-elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra.

Effendi, Djohan. 2012. Pesan-Pesan al-Quran: Mencoba Mengerti Intisari Kitab Suci. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika (Cetakan Ketiga).

Jumantoro, Totok dan Samsul Munir Amin. 2005. Kamus Ilmu Tasawuf. Yogyakarta: Amzah.

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Jakarta: Yayasan Indonesiatera.

Madjid, Nurcholish. 1989. Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Jakarta: Mizan.

Muchtar, Heri Jauhari. 2008. Fikih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya (Cetakan Ketiga).

Susanto, Dwi. 2016. Pengantar Kajian Sastra. Jakarta: Buku Seru.

Wirajaya, Asep Yudha. 2011. “Kearifan Lokal dalam Syair Nasihat: Perubahan Cara Pandang Masyarakat Melayu terhadap Lansia dan Lembaga Keluarga” dalam Jurnal Manuskripta, Vol.1, No.2. Depok: Manassa.

Sumber lain (Internet)

https://eap.bl.uk/archieve-file/EAP153-6-i Diakses pada 14 September 2017 pukul 11.30 WIB.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.