Mandau Sebagai Identitas Budaya Suku Dayak (Borneo, Indonesia)
Abstract
Mandau adalah senjata khas suku Dayak yang tinggal di Pulau Kalimantan, Indonesia. Mandau di sisi lain memiliki fungsi kultural, jauh dari apa yang dipahami sebagian masyarakat sebagai senjata saja. Saat ini terjadi distorsi pemahaman oleh generasi muda terhadap fungsi artefak ini. Dalam perspektif sebagai artefak, distorsi makna tersebut berpotensi mengganggu transformasi budaya Indonesia sebagai bangsa yang menghormati para leluhur pencipta benda-benda kultural adiluhung. Artikel ini bertujuan memberikan klarifikasi keberadaan Mandau sebagai benda kultural. Berdasarkan pengamatan visual, literer, dan informasi para narasumber terkuak adanya fungsi-fungsi fundamental Mandau.
Full Text:
PDFReferences
O’Connor, Stanley J. 1985. “Metalurgy and Immortality at Cand Sukuh, Central Java”, Indonesia No. 39 : 53-70 Cornel; Southeast Asia Program.
Scharer, H. 1946. Ngaju Religion: the Conception of God among a South Borneo People, terj. R. Needdham. The Hague, Nijhoff, 1963.
Tjilik Riwut. 1958. Kalimantan Membangun. Jakarta:Endang.
Tjilik Riwut. 1993. Kalimantan Membangun: Alam dan Kebudayaan. Yogyakarta: Galang Press.hal 309
Tjilik Riwut. 2006. Pergulatan Identitas Dayak dan Indonesia: belajar dari Tjilik Riwut. Yogyakarta: Galang Press
Usman Ahmad. 1994/1995. Seni Patung dan Topeng Hudoq Daerah Kalimantan Timur. Samarinda: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Wilayah Propinsi Kalimantan Timur, Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Kalimantan timur.
Hans Scharer, Ngaju Religion : The Conception of God among a South Borneo People, Terj. R. Needham (Koninklijk Instituut voor Tall-, Land-en Volkenkunde, Seri Terjemahan 6: The hague, 1963), p.13.
Sellato, Bernard. Th 1997. Borneo: Heritage of Art & Culture. Singapore: Sun Tree Pubishing.
Sellato, Bernard. Th 1989. Innermost Borneo: Studies in Dayak Culture. Singapore : Seven Orients/Singapore University Press
Sellato, Bernard. Th 1993. Nieuwenhuis across Borneo (1894-1994). Borneo Research Bulletin 25, Pp 14-31
Sellato, Bernard. Th 1980. “The Upper Mahakam Area’, Borneo Research Bulletin, 12 (2): 40-46.
Sellato, Bernard. th 1988. ‘The Nomands of Borneo: Hoffiman and Devolution’, Borneo Research Bulletin, 20 (2): 106-120.
Sellato, Bernard. th 1989a. Nomades et sedentarisation a Borneo. Histoireeconomique et sociale, Paris :Editions de I’EHESS (“Etudes insulindiennes/Archipel”,9), P 293
Sellato, Bernard. 1989. Naga dan Burung Enggang. Hornbill and Dragon. Jakarta: ELF Aquitaine Indonesie.
Sellato, Bernard. 1994. Nomands of the Borneo Rainforest: The Economics, Politics, and Ideology of Setlting Down. Stephanie Morgan (penerj.). Honolulu: Univesity of Hawai’I Press.
Rousseau, J. th 1974. “A Vocabulary of Baluy Kayan”, Serawak Museum Jaournal, 22 (43): 93-152
Rousseau, J. th 1975. ‘Ethnic identity and social relation in central Borneo’, p.32-49 in j.A. Nagata (Ed): Pluralism in Malaysia: Myth and Reality. Leiden: Brill
Rousseau, J. th 1977. ‘Kayan Agricultural’, Serawak Museum Jaournal, 25 (46) :129-156.
Rousseau, J. th 1990. Central Borneo: Ethnic Identity and Social Life ia a Stratified Sosiety, oxford: Clarendon Press, p 380.
Nieuwenhuis. A.W th 1900. In Centraal Borneo, Reis Van Pontianak Naar Samarinda. Leiden : Leiden, E.J. Brill. (status Not in copyright n collections of University of Michigan. th 1984. -1953
Nieuwenhuis. A.W. th 1900. Quer Durch Borneo: Ergebnisse siner Reisen in den Jahren 1894, 1896-97 und 1898-1900. Leiden : Leiden, E.J. Brill.
Maunati, Yekti. 2004. Identitas Dayak, Komodifikasi dan Politik Kebudayaan. Yogyakarta: LKiS
Mikhail Coomans. 1987. Manusia Daya: Dahulu, Sekarang, Masa Depan. Jakarta: Gramedia
Coomans, Mikhail. 1987. Manusia Dayak: Dahulu, Sekarang, Masa Depan. Jakarta: PT. Gramedia.
Geddes, W.R. 1968. Nine Dayak Nights. London, Oxford, and New York: Oxford University Press.
Rousseous, Jerome. 1990. Central Borneo: Ethnic Identity and Social Life in a Stratified Society. Oxford: Clarendon Press.
Jakob Sumardjo, 2002. Arkeologi budaya Indonesia, Pelacakan Hermeneutis-Historis terahadap Artevak-Artevak Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: Qalam.
Holt, Calire. 2000. Arts in Indonesia. Continuities and Change. London: Cornell University Press.
James Deetz, James. 1967. Invitation to Archaeology. New York: Natural History Press.
Kessler, Evelyn S. 1974. Antropology The Humanizing Process. Boston: Allyn dan Bacon, Inc.
Peursen, van. 1976. Strategi Kebudayaan. Terjemahan Dik Handoko. Yogyakarta: Kanisius dan Gunung Mulia.
Smith, Cyril S., 1982. A Search for Structure: Selected Essays in Science Art and History. Cambrige : The NIT Press.
Kessler, E.S. 1974. Antropology The Humanizing Process. Boston : Allyn dan Bacon, Inc.
Knauth, P. 1974. The Metalsmiths. New York: time-Life Books.
Soedarso, SP. 2006. Trilogi Seni Penciptaan Eksistensi Dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Soedarso, SP. 2006. Kalangwan dalam Trilogi Seni penciptaan eksistensi dan kegunaan seni. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Yuvenalis Kedoy, dkk. 2012. ”Penulisan Hukum Adat Dayak (Tonyooi, Benuaq, dan Bahau)”. Kutai Barat : CV. Ordo Teknik Konsultan bekerjasama dengan Bappeda Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Barat.
Koentjaraningrat.1975., Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Jakarta: Djambatan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.