Analisis Pengaruh Pemberian Probiotik Produk Komersial pada Air Limbah Tahu terhadap Kadar DO dan Pertumbuhan Tanaman Hidroponik

Budi Utomo, Siti Qomariah, Salsabila Nur Annisa

Abstract

Produksi tahu merupakan salah satu sektor di Indonesia yang sedang berkembang dan terus akan meningkat. Produksi limbah tahu tentu akan meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas industri tahu. Maka dari itu limbah industri tahu harus terlebih dahulu diolah untuk memenuhi baku mutu sebelum dilepaskan ke lingkungan sekitar. Probiotik dapat digunakan untuk mengolah limbah cair tahu karena mengandung bakteri yang membantu mengurai bahan organik limbah dan kontaminan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari probiotik produk komersial pada air limbah tahu terhadap kadar DO dan pertumbuhan tanaman hidroponik.
Penelitian analisis kadar DO dilaksanakan di Laboratorium Rekayasa Lingkungan dan Penyehatan Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret sedangkan pertumbuhan tanaman hidroponik dilaksanakan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Penelitian tahap pertama yaitu melakukan uji kandungan pH dan DO (Dissolved Oxygen) pada air limbah tahu dan pada air limbah tahu yang telah dicampur dengan probiotik produk komersial dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya tahap kedua dilakukan pelaksanaan pertumbuhan tanaman hidroponik di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan konsentrasi yaitu K0 (0%), K1 (30%), dan K4 (30%) dengan konsentrasi campuran yang berbeda dan larutan nutrisi tersebut berasal dari air limbah tahu yang telah dicampur dengan probiotik produk komersial dengan perbandingan 1:1 dan 1:2. Tanaman yang digunakan adalah tanaman kangkung. Penelitian dilakukan selama 4 minggu dengan pengukuran dan pengamatan dilakukan sebanyak 4 kali yaitu 1 minggu sekali. Parameter yang diukur dan diamati adalah warna tanaman, tinggi batang, jumlah daun, dan lebar daun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan K1 dan K4 yang diberikan tambahan larutan air limbah tahu dengan probiotik memiliki pengaruh yang lebih baik daripada perlakuan K0 yang hanya menggunakan air murni. Kemudian hasil analisis data menunjukkan bahwa perlakuan K1 memiliki pengaruh terbaik dibandingkan perlakuan lain.

References

Anggraeni, A. A., 2012, “Prebiotik dan Manfaat Kesehatan”, Seminar Nasional, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Arifan, Fahmi, Wisnu Broto, Siti Fatimah, and Ektanisa Salsabila, 2022, “Pengaruh Komposisi Dan Waktu Fermentasi Terhadap Karakteristik Pupuk Organik Limbah Cair Tahu”, Pentana: Jurnal Penelitian Terapan Kimia 3 (1): 1–9. Kementerian Lingkungan Hidup, 2008, “Peraturan Kementrian Lingkungan Hidup: Baku Mutu Air Limbah Cair Usaha Atau Kegiatan Pengolahan Kedelai.” Nurullatifah, 2011, “Senyawa Organik pada Limbah Cair Tahu”, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro: Semarang. Rohmah, Yanti Siti, Ilah Nurlaelah, and Agus Prianto, 2016, “Pengaruh Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Kangkung Darat (Ipomoea Reptans Poir) Secara Hidroponik Pada Konsentrasi Yang Berbeda”, Quangga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi 8 (2): 1–9. Samsudin Winda, Makmur Selomo, Muh. Fajaruddin Natsir, 2018, “PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU MENJADI PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN PENAMBAHAN EFFEKTIVE MIKROORGANISME-4 (EM-4)”, JURNAL NASIONAL ILMU KESEHATAN 1 No.2 (Vol. 1 No. 2 (2018): Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan-Oktober 2018): 3. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/5990. Sugihmanik, D I Desa, dan Kecamatan Tanggungharjo, 2022, “INOVASI PEMBUATAN MEDIA TANAM HIDROPONIK DARI BAHAN BEKAS DENGAN AIR LIMBAH TAHU SEBAGAI NUTRISI TANAMAN”. Ulya, Amaliyatul, 2013, “Pengaruh Variasi PH Dan Suhu Terhadap Kemampuan Degradasi Fenol Dan Pertumbuhan Bakteri Pendegradasi Fenol Dari Limbah Cair Tekstil.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99. Umasugi, Aisin, Reiny A. Tumbol, Reni L. Kreckhoff, Henky Manoppo, Novie P.L. Pangemanan, and Elvi L. Ginting, 2018, “Penggunaan Bakteri Probiotik Untuk Pencegahan Infeksi Bakteri Streptococcus Agalactiae Pada Ikan Nila, Oreochromis Niloticus.” E-Journal BUDIDAYA PERAIRAN 6 (2): 39–44. https://doi.org/10.35800/bdp.6.2.2018.20556. Zulfa, M, 2019, "Pemanfaatan Limbah Cair Tahu terhadap Pertumbuhan Bayam Merah (Alternantera amoena voss) dalam kultur hidroponik rakit apung”, Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.