EVALUASI KINERJA HALTE BATIK SOLO TRANS (BST) MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Kasus : Ruas Jalan Contraflow Brigjen Slamet Riyadi)

Budi Yulianto, Amirotul Musthofiah H.M., Alya Syahira Sidharta

Abstract

Halte bus adalah tempat berhentinya kendaraan bermotor umum untuk menaikturunkan penumpang. Salah satu angkutan umum yang ada di Kota Surakarta adalah Bus Batik Solo Trans (BST). namun masih didapati ketidakmerataan bentuk bangunan halte dan kurang meratanya perawatan fasilitas pada halte. Kemudian dilakukan evaluasi kinerja dan kualitas pelayanan di 9 halte Bus BST yang terletak di ruas contraflow Jalan Brigjen Slamet Riyadi untuk mengetahui kinerja dan pelayanan halte BST menurut penumpang, diproses dengan Importance Performance Analysis (IPA), kemudian didapat prioritas perbaikan atribut yang dibutuhkan pada Kuadran I. Berdasarkan hasil analisis, tingkat kesesuaian antara kepuasan dan harapan sebesar 80,79%, kinerja halte dapat memuaskan pengguna. Dari 13 atribut pada kuesioner yang diolah menggunakan metode IPA, dihasilkan 4 atribut berada di kuadran I, 4 atribut di kuadran II, 3 atribut berada di Kuadran III, dan 2 atribut berada di Kuadran IV pada kuadrandan 2 atribut pada kuadran IV. 

Full Text:

PDF

References

Widayanti, A., Susanti, A.,Wiyono, A. (2016). Evaluasi Kualitas Pelayanan Halte dan Pengembangan di Kota Surabaya untuk Mendukung Terwujudnya Infrastruktur Lingkungan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan IV 2016. A 33 – 44. Salmasari, A. (2020). Evaluasi Kinerja Halte Trans Jogja (Performance Evaluation Of Trans Jogja’s Bus Shelters. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Islam Indonesia. Herawati, H. and Dwi Windu, S. (2020) Analisis Kualitas Pelayanan Dengan metoda importance performance analysis (IPA) Pada Bus Transjakarta, Repository STEI. Gultom, H. S. A., dan Joewono, T. B. (2014). Kualitas Pelayanan Halte Trans Metro Bandung. Jurnal Transportasi, 14(1), 69–78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.