Analisis Kinerja dan Kualitas Pelayanan Bus Trans Jateng Solo Sragen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Budi Yulianto, Amirotul Musthofiah H.M., Adinda Ayumas Putri

Abstract

Bus Trans Jateng Solo Sragen merupakan salah satu wilayah aglomerasi dari persebaran wilayah Bus Trans Jateng yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat dengan pola beli layanan (buy the service) yang mencakup aspek kenyamanan, keamanan, keselamatan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan. Dalam kinerja dan kualitas pelayanan Bus Trans Jateng memerlukan analisis menurut persepsi penumpang agar pemerintah melakukan optimalisasi guna mendapatkan kualitas pelayanan yang terbaik. Kinerja Bus Trans Jateng Solo Sragen dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) kemudian atribut-atribut dengan prioritas tinggi yang terletak pada kuadran I dikelompokkan untuk mengetahui macam-macam upaya perbaikan yang harus dilakukan. Berdasarkan hasil analisis, pelayanan Bus Trans Jateng masuk dalam kategori sangat memuaskan dengan tingkat kesesuaian sebesar 91% walaupun masih ada beberapa atribut yang masih membutuhkan perbaikan. Dari 14 atribut dalam kuesioner, 4 atribut berada di kuadran I, 6 atribut berada di kuadran II, 2 atribut berada di kuadran III dan 2 atirbut berada di kuadran IV.

References

Ariadi, D. F., Wari, W. N., Hardiyanti, S. A. (2019) Perbandingan Kinerja Angkutan Umum Konvensional dan Angkutan Umum Berbasis Online di Banyuwangi. Jurnal UJMC, 5(2), 11-18. Esmailpour, J., Aghabayk, K., Abrari, V. M., & De, G, C. (2020). Importance – Performance Analysis (IPA) of Bus Services Attributes: A Case Study in A Developing Country. Transportation Research Part A: Policy and And Practice, 142, 129–150. Faisal, N. Y., Herijanto, W., Kartika, A. A. G. (2020) Analisis Kinerja Transportasi BRT Damri Pemadu Moda Kota Makassar Terhadap Segi Kepuasan Penumpang. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Fatmawati, Z., Susanty, A. (2016) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang dengan Metode Heterogeneous Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Semarang. Juanita, Pinandita, T. (2015) Analisis Pelayanan Angkutan Umum dalam Kota Purwokerto Berdasarkan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.