ANALISIS PERCEPATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG MTSN 4 SRAGEN DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF ANALYSIS DENGAN SOFTWARE PRIMAVERA 6.0

Alif Yudhi Himawan, Setiono Setiono, Muji Rifai

Abstract

Percepatan proyek ialah usaha menyelesaikan suatu proyek agar lebih cepat dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Pelaksanaan proyek pembangunan gedung MTSN 4 Sragen harus dipercepat karena Pemerintah Kabupaten Sragen memprioritaskan proyek ini agar segera bisa dilakukan kegiatan mengajar di sekolah. Percepatan proyek pembangunan gedung MTSN 4 Sragen menggunakan metode TCTO (Time Cost Trade Off) dan dibantu aplikasi Primavera 6.0 guna mempermudah penjadwalan waktu dan perancangan biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis total durasi dan biaya untuk menyelesaikan proyek sebelum dan setelah dilakukan percepatan dengan skenario penambahan tenaga kerja maupun waktu kerja, dan alternatif yang lebih ekonomis dari skenario tersebut. Hasil analisis percepatan proyek didapatkan total waktu penyelesaian proyek memakai metode penambahan jam kerja adalah 139 hari (lebih cepat 20 hari daripada waktu eksisting) menyebabkan kenaikan biaya yang ditunjukkan dengan total kenaikan biaya penyelesaian proyek sebesar Rp63.117.565,13. menjadi Rp3.586.859.474,13., sedangkan dengan metode penambahan tenaga kerja ialah 141 hari (lebih cepat 18 hari daripada waktu eksisting) dan mengalami penurunan biaya sebesar Rp22.376.088,9. menjadi Rp3.501.365.820,02. dari biaya proyek normal yaitu Rp3.523.741.909. dengan durasi normal proyek 159 hari. Alternatif yang lebih ekonomis untuk menyelesaikan proyek adalah dengan menggunakan metode penambahan jumlah tenaga kerja dikarenakan adanya penurunan biaya total dan lebih cepat dari waktu normal proyek.

Kata Kunci : Time Cost Trade Off, Primavera 6.0

References

Adi, R. R. B., Traulia, D. E., Wibowo, M. A., & Kistiani, F. (2016). Analisa Percepatan Proyek Metode Crash Program Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Mixed Use Sentraland. Jurnal Karya Teknik Sipil, 5(2), 148-158.

Anggara, H. 2005. Perencanaan dan Pengendalian Proyek dengan Metode PERt-CPM: Studi Kasus Fly Over Ahmad Yani, Karawang. Journal the Winners, Vol. 6, No. 2: 155-174.

Apriyanto, D. (2016). Penerapan Program Primavera 6.0 Untuk Menganalisis Konsep Nilai Hasil (Studi Kasus Proyek Pembangunan Kantor Polres Kabupaten Purworejo (Doctoral dissertation, Teknik Sipil-Fakultas Teknik).

Ardika, P.C., Sugiyarto, dan Handayani, F.S.. 2016. Analisis Time Cost Trade Off Dengan Penambahan Jam Kerja Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi Ii A), Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Arianie, G.P., dan Puspitasari, N.B. 2017. Perencanaan Manajemen Proyek Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sumber Daya Perusahaan (Studi Kasus : Qiscus Pte Ltd). Jurnal Teknologi Industri, XII (3), 189-196.

Astrianingsih, B. (2019). Pengaruh proses perencanaan anggaran biaya dan penjadwalan dengan aplikasi ibuild terhadap konsep lean construction (the effect of cost and scheduling planning use ibuild application on lean construction concept).

Hidayah, R., Ridwan, A., & Cahyo, Y. (2018). Analisa Perbandingan Manajemen Waktu Antara Perencanaan Dan Pelaksanaan. Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Sipil (JURMATEKS), 1(2), 281-290.

Izzah, N., 2017. Analisis Pertukaran Waktu dan Biaya Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (TCTO) Studi Kasus : Pembangunan Perumahan di PT.X, Jurnal : Sekolah Tinggi Qomaruddin, Gresik, Jawa Timur.

Jati, A.S., Setiono, dan Rifai, M., 2021. Analisis Optimasi Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Time Cost Trade Off Menggunakan Aplikasi Primavera P6 (Studi Kasus Proyek Gedung Teknik Universitas Jendral Soedirman), Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kareth, M., dkk., 2012. Analisis Optimalisasi Waktu dan Biaya Dengan Program Primavera 6.0 (Studi Kasus: Provek Perumahan Puri Kelapa Gading), Jurnal Sipil Statik Vol. 1. No. I, November 2012 (53-59). Universitas Sam Ratulangi.

Kusuma, Doni Probo., 2016, “Pengendalian Biaya dan Waktu Pada Proyek Pembangunan Hotel Dengan Menggunakan Primavera Project Planner P6”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Lestari, R., 2021. Pengendalian Jadwal Proyek Isolasi Boiler Dengan Metode Time Cost Trade Off di PT Athirah Gemilang Mandiri Universitas Indraprasta PGRI: Jakarta.

Mockler, R.J. 1972. The Management Control Process. New Jersey: Prentice Hall.

Nasution. 2006. Berbagai Pendekataan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Octavia, I.K., dkk. 2013. Perbandingan Aplikasi Program Microsoft Project Dan Primavera Dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi. Surabaya.

Raharja, I., 2014. Analisa Penjadwalan Proyek dengan Metode PERT di PT. Hasana Damai Putra Yogyakarta pada Proyek Perumahan Tirta Sani. Jurnal Bentang, Vol. 2, No. 1.

Suharno, H. R., Gunantara, N., & Sudarma, M. (2020). Analisis penerapan metode scrum pada sistem informasi manajemen proyek dalam industri & organisasi digital. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 19(2), 203.

Setiawan, I., Siboro, I., dan Faisyal, M., 2021. Optimasi Waktu Dan Biaya Proyek Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (TCTO), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin : Kalimantan Selatan.

Setiawati, S., Syahrizal., dan Rezky, A. D. 2016. Penerapan Metode CPM dan PERT Pada Penjadwalan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Rehabilitasi/Perbaikan Dan Peningkatan Infrastruktur Irigasi Daerah Lintas Kabupaten/ Kota D. I Pekan Dolok), Universitas Sumatera Utara, pp. 1-13.

Soeharto, I. 1999. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Wahyudi. 2007, Aplikasi Metode Konsep Nilai Hasil Pada Sistem Pengendalian Konstruksi, (Tidak diterbitkan), Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Widiasanti, I., Lenggogeni., 2013. Manajemen Konstruksi, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Yuwono, W., Kaukab, M. E., & Mahfud, Y. (2021). Kajian Metode PERT-CPM dan Pemanfaatannya dalam Manajemen Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(2), 192-214.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.