ANALISIS POTENSI DEMAND, ABILITY TO PAY (ATP) DAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) BATIK SOLO TRANS (BST) KORIDOR 6 PADA SEKOLAH

Budi Yulianto, Amirotul Musthofiah Hidayah Mahmudah, Wennya Ajeng Mardi G.R.S.

Abstract

Transportasi umum merupakan transportasi yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat pada suatu kota dengan dikenakannya tarif untuk menggunakan transportasi umum, oleh karena itu, pada penelitian ini kami melakukan penelitian terhadap potensi demand, Ability to Pay (ATP) atau kemampuan untuk membayar tarif, dan Willingness to Pay (WTP) atau kesediaan untuk membayar tarif pada bus Batik Solo Trans (BST) pada rute pelayanan koridor 6 di kota Surakarta, yang bertujuan untuk mengetahui potensi permintaan penumpang BST koridor 6 dan juga desain tarif yang sesuai pada penumpang dan calon penumpang BST koridor 6. Penelitian ini menggunakan metode survei terhadap pelajar yang dilakukan di sekolahsekolah yang dilalui oleh BST koridor 6. Hasil analisis dari survei yang dilakukan didapatkan nilai potensi demand dari BST koridor 6 sebesar 3067 orang yang merupakan 64% dari total populasi pelajar sekolah pada rute BST koridor 6. Nilai ATP dan WTP yang diperoleh dari analisis berdasarkan hasil survei berturut-turut sebesar Rp 466,57 dan Rp 2.384,00.

References

Atmojo, M.S., dkk. 2017. Analisis Potensi Demand Pada Sekolah Serta Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) Pada Batik Solo Trans (BST) Koridor Empat di Surakarta. Matriks Teknik Sipil.

Button, K.J. 1982. Transport Economics. England: Heinemann Educational Books Limited.

Gautama, G. and Yanto, W.A., 2019. Analisa Tarif Angkutan Sekolah (Abudemen) Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay Dan Willingness To Pay. TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 8(1), pp.91-105.

Kamaluddin, Rustian. 2013. Ekonomi Transportasi (karakteristik, teori, dan kebijakan). Ghalia Indonesia. Jakarta.

KBBI Daring, S.V. “potensi”, diakses 24 Desember 2022, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/potensi

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan.

Nuraga, M. Rasis., Legowo, S.J., M.H.M., Amirotul. 2014. Evaluasi Tarif Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Ability to Pay (ATP), Willingness to Pay (WTP), dan Analisis Break Even Point (BEP) Bus Batik Solo Trans (BST). Matriks Teknik Sipil.

Nursita, I., Yulianto, B., & Legowo, S. J. 2017. Analisis Potensi Demand, Abillity to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) BST Koridor 1 dengan Adanya Sistem Contra Flow di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Pada Sekolah. Matriks Teknik Sipil, 5(1).

Pudjianto, Bambang. 2002. Bahan Kuliah Sistem Angkutan Umum dan Barang. Semarang: UNDIP.

Safitri, R. and Hidayati, N., 2018. Online Transport Fare Study Based On Ability to Pay and Willingness to Pay (Study Case: Campus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Safitri, R., 2016. Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Ability To Pay (ATP) Dan Willingness To Pay (WTP) Di Kota Pangkalpinang. In FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil) (Vol. 4, No. 2, pp. 156-164).

Tamin, Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung, Indonesia: Penerbit ITB.

Tamin, Ofyar,, Z., dkk. 1999. Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) di DKI Jakarta. Bandung, Indonesia: Penerbit ITB.

Wahyuningsih, T., 2020. Kajian Tarif Angkutan Umum Bus Damri Rute BIL–Kota Matram Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan. Jurnal Planoearth, 5(2), pp.111-114.

Warpani, P. Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung : Penerbit ITB.

Warpani, P. Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung : Penerbit ITB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.