ANALISIS DESAIN TEBAL LAPIS TAMBAH (OVERLAY) BERDASARKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 (Studi Kasus: Ruas Jalan Nasional Kartosuro – Batas Kota Surakarta STA. 0+000 – 5+500)

Ary Setyawan, Suryoto Suryoto, Muhammad Adam Arifin

Abstract

Moda transportasi yang sering digunakan manusia semakin hari kian meningkat untuk kebutuhannya sehingga diperlukan moda transportasi dengan banyak muatan juga cepat dalam perjalanannya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya perbaikan jalan agar dapat dilewati oleh masyarakat dengan aman dan nyaman. Salah satu caranya adalah dengan penambahan tebal lapis / overlay. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis desain overlay Ruas Jalan Nasional Kartosuro – Batas Kota Surakarta STA. 0+000 – 5+500 dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu metode yang memberi gambaran suatu objek penelitian yang diteliti melalui data yang telah terkumpul. Selain itu, jurnal ini dibuat dikarenakan belum ada penelitian yang serupa yang pernah dilakukan untuk ruas jalan ini mengingat jalan ini adalah jalan penghubung antara D.I. Yogyakarta dengan Kota Surakarta. Hasil analisis menyatakan bahwa Ruas Jalan Nasional Kartosuro – Batas Kota Surakarta STA. 0+000 – 5+500 memiliki nilai lengkung lendutan dan lendutan maksimum dibawah batas nilai minimum, sehingga dianggap masih mampu menahan baik retak lelah maupun deformasi permanen.

References

Bina Marga, 2017, “Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017”, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Bina Marga, Jakarta.

KPUPR, 2004, “UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan”, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 vol 1(1) p 3.

Manguande, J., Manoppo, M.R. and Sendow, T.K., 2020. Analisis Perbandingan Desain Overlay Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga 2017 Menggunakan Data Lendutan Bb Dan Aashto 1993 Menggunakan Data Lendutan Fwd (Study Kasus: Ruas Jalan Airmadidi-Kairagi). Jurnal Sipil Statik, 8(1).

Mantiri, C.C., Sendow, T.K. and Manoppo, M.R., 2019. Analisa Tebal Perkerasan Lentur Jalan Baru Dengan Metode Bina Marga 2017 Dibandingkan Metode Aashto 1993. Jurnal Sipil Statik, 7(10).

Pangarepan M.L., dkk., 2018, “Studi Perbandingan Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur menurut Metode Pd T-05-2005-B dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus: Ruas Jalan Bts. Kota Manado – Tomohon)”, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Porong, P.J., Sendow, T.K. and Palenewen, S.C.N., 2022. Analisa Perbandingan Desain Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Menggunakan Metode Pd.T-05-2005-B dan Metode Bina Marga (STUDI KASUS: Ruas Jalan Nasional Batas Kota Manado–Wori Nomor Ruas: 5001700). JURNAL ILMIAH MEDIA ENGINEERING, 12(3), pp.211-224.

Prakosyo, G. and Nuraini, R., 2020. Perencanaan Lapis Tambah Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Cilopadang – Salem Cara Lendutan Balik menggunakan Alat Benkelman Beam dengan Metode Pd.T-05-2005-B (Doctoral dissertation, University Technology Yogyakarta).

Purnaningrum, K.N.M., 2018. Perbandingan Desain Tebal Lapis Tambah dengan Metode Bina Marga 2017 dan AASHTO 1993 Menggunakan Data Lendutan.

Rahman, Hariri, 2018, “Penanganan kerusakan perkerasan jalan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 pada ruas jalan Midang – Meninting”, Universitas Mataram, Mataram.

Rizkiawan E., dkk., 2017, “Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Metode PD T-05-2005-B dan Metode SDPJL pada Ruas Jalan Klaten-Prambanan”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rizky, Oriza, 2010, “Evaluasi Tebal Lapis Tambah (Overlay) dengan Metoda Bina Marga dan Asphalt Institute menggunakan alat Benkelman Beam (Studi Kasus: Jalan Lintas Bireuen – Lhokseumawe)”, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rofiqi M.I. dan Putra K.H., 2019, “Studi Analisis Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur (Overlay) Pada Jalan Kejayan Kabupaten Pasuruan Dengan Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Nomer 04/SE/Db/2017”, Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, dan Infrastruktur pp 30-38.

Romauli T.D., dkk., 2016, “Analisis Perhitungan Tebal Lapis Tambahan (Overlay) Pada Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus : Ruas Jalan Kairagi – Mapanget)”, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Simatupang, A. P., 2021, “Analisis Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 (Studi Kasus: Ruas Jln. Setia Budi)”, Universitas Medan Area, Medan.

Sugiyono, 2018, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.