Analisis Percepatan Konsolidasi Tanah Lunak dengan Metode Preloading Menggunakan Software GeoStudio 2018 R2

Bambang Setiawan, Galuh Chrismaningwang, Dicky Adi Denaldi

Abstract

Prasarana transportasi yang sering digunakan di Indonesia salah satunya adalah jalan. Konstruksi jalan yang dilaksanakan di atas tanah yang labil menyebabkan kondisi jalan rentan terhadap kerusakan. Terbatasnya jumlah lahan dengan jenis tanah yang sesuai menyebabkan konstruksi dilakukan di lahan bermasalah. Pembangunan di lahan dengan tanah bermasalah perlu dilakukan perbaikan dalam upaya meningkatkan kualitas tanah yang bermasalah guna mengurangi potensi kerusakan jalan akibat tanah dasar yang bermasalah. Upaya yang dilakukan untuk analisis perbaikan tanah salah satunya adalah perhitungan dibantu dengan software.

Penelitian ini berfokus tentang bagaimana mengatasi konsolidasi tanah lunak menggunakan metode preloading dan mendesainnya menggunakan software GeoStudio. Hasil analisis yang dibantu dengan software akan dibandingkan dengan perhitungan sebelum perbaikan dilakukan. Analisis SIGMA/W dan SLOPE/W menggunakan GeoStudio akan dilakukan dengan menggunakan dua jenis timbunan yang kemiringannya yang berbeda.

Hasil dan temuan pada penelitian ini adalah perhitungan penurunan tanah akibat timbunan dengan metode konvensional menghasilkan penurunan tanah sebesar 1,70 meter untuk timbunan 1 V:1,5 H dan 1,69 meter untuk timbunan 1 V:2 H,sedangkan perhitungan dengan menggunakan software menghasilkan penurunan 1,39 meter untuk timbunan 1 V:1,5 H dan 1,30 meter untuk timbunan 1 V:2 H.

Kata Kunci: GeoStudio, perbaikan tanah lunak, prapembebanan.

References

Ameratunga, Jay, Sivakungan, Nagaratnam, dan Das, Braja M., 2016. Correlations of Soil and Rock Properties in Geotechnical Engineering, Springer, India. Das, Braja M., 2012. Principles of Foundation Engineering 8th Edition, Cengage Learning, Stamford. Departemen Pekerjaan Umum. 2009. Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah dengan Geosintetik, No 003/BM/2009. Jakarta, Indonesia. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2002. Panduan Geoteknik 1. Edisi Pertama, Jakarta Krahn, J., 2013. An Engineering Methodology Stress-Deformation Modeling with SIGMA/W. GEO-SLOPE International Ltd.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.