ESTIMASI PARAMETER MODEL GRAVITY DENGAN METODE ENTROPI MAKSIMUM DAN FUNGSI HAMBATAN PANGKAT (STUDI KASUS KABUPATEN SUKOHARJO)

Slamet Jauhari Legowo, Syafi'i Syafi'i, Athaariq Bagus Widyaputra

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan penduduk dan ekonomi di kawasan aglomerasi surakarta juga berdampak pada peningkatan jumlah pergerakan di dalam maupun keluar masuk kabupaten sukoharjo serta dapat mengakibatkan permasalahan transportasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan analisis estimasi matriks asal tujuan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pergerakan Matriks Asal Tujuan (MAT) dari nilai parameter β yang dianalisis menggunakan metode estimasi Entropi Maksimum dan fungsi hambatan pangkat. sekaligus mengetahui besar pola pergerakan di tahun 2021 serta mengetahui tingkat validitas arus hasil permodelan dengan pengamatan di Kabupaten Sukoharjo Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan langsung dengan 6 kabupaten kota disekitarnya. metode yang digunakan adalah Entropi Maksimum dan fungsi hambatan pangkat dengan mengambil data survey lalu lintas di 31 titik yang mencakup 12 zona internal 24 zona eksternal. Estimasi matriks asal tujuan menggunakan model gravity batasan bangkitan-tarikan dengan bantuan software EMME/3 dimana terdapat parameter β yang memuat fungsi hambatan didalamnya. Metode untuk memperoleh parameter β adalah metode kalibrasi Newton-Raphson menggunakan program Microsoft Excel. Uji Validitas menggunakan koefisien determinasi (R²) Hasil penelitian ini menunjukkan nilai parameter β sebesar 0.080, dengan tingkat validitas (R 2 ) sebesar 0,827, dan jumlah total pergerakan di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2021 adalah 16374 smp/jam

References

Anonim, 1997, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997”, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum RI. Jakarta

Astria, Zuli, Syafi’i, dan Legowo, Selamet Jauhari., 2015, “Estimasi Matrik Asal Tujuan dari Data Arus Lalu Lintas dengan Metode Estimasi Entropi Maksimum Menggunakan Piranti Lunak EMME/3 (Studi Kasus Kota Surakarta)”. The 18th FSTPT International Symposium, Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Astutik, H.P., 2020. Pergerakan Distribusi Matrik Asal Tujuan Transportasi Barang Internal Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(2), pp.8-15.

Chairunnisa, A.S., Asri, S., Bochary, L. and Firmansyah, M.R., 2020, June. Modeling Origin Destination Matrix in the Inter Island Cluster of North Liukang Using Gravity Model. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 875, No. 1, p. 012083). IOP Publishing.

Dananto, Atha Fauzan Kito., 2019, “Studi Peramalan Kinerja Jaringan Jalan di Kota Surakarta pada Tahun 2035 Dengan Jaringan Jalan Tetap dan Dengan Penambahan Jaringan Jalan Baru”, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Fika, Z., Syafi’i., dan Slamet, Jauhari Legowo., 2016, “Estimasi Distribusi Perjalanan Kota Surakarta Tahun 2025 Menggunakan Model Gravity”, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret.

Gelhausen, M. and Berster, P., 2017. A gravity model for estimating passenger origin-destination flows between countries worldwide.

Hendarwati, P., Syafi’i., dan Setiono., 2014, “Estimasi Matriks Asal Tujuan Perjalanan Menggunakan Model Gravity Dengan Fungsi Hambatan Eksponensial Negatif Di Kota Surakarta”, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret.

Martinez, O., Garcia, J.M. and Kumar, N., 2021. The gravity model as a tool for decision making. Some highlights for Indian roads. Transportation research procedia, 58, pp.333-339.

Monica, Elfa Z, 2015, “Estimasi Matriks Asal Tujuan (MAT) dari Data Arus Lalu Lintas dengan Metode Estimasi Kuadrat Terkecil Menggunakan Piranti Lunak EMME/3 (Studi Kasus Kota Surakarta)”, Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Septiyani, Wulan., 2015, “Estimasi MAT dari Data Lalu Lintas Dengan Metode Inferensi-Bayes Menggunakan EMME”, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Sutrisni, S. and Setiono, S., 2014. Estimasi Matriks Asal Tujuan (Mat) Kota Surakarta Tahun 2025. Matriks Teknik Sipil, 2(2), pp.237-241.

Syafi’i., 2015, “Trip Distribution”, https://syafii.staff.uns.ac.id/files/2010/02/bab-5-trip-distribution.pdf

Tamin, O.Z., 2000, “Perencanaan dan Permodelan Transportasi”, ITB Press. Bandung

Tamin, O.Z., 2008, “Perencanaan, Permodelan, dan Rekayasa Transportasi”, ITB Press. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.