Analisis Emisi Gas Rumah Kaca Dengan Pendekatan Life Cycle Assessment Pada Tahap Konstruksi Perkerasan Lentur Fly Over Cakung

Koosdaryani Soeryodarundio, Setiono Setiono, Dandy Rayhan Daniswara

Abstract

Pembangunan adalah usaha yang terancang dan terjadwal secara berkelanjutan oleh suatu Negara dalam rangka mewujudkan masyarakat yang lebih baik sehingga berperan penting dalam proses tercapainya kesejahteraan masyarakat. Pembangunan ini disisi lain juga berdampak kepada lingkungan yaitu dengan mengeluarkan emisi gas rumah kaca dan mengkonsumsi energi yang cukup banyak selama pelaksanaannya sehingga diperlukan upaya untuk mengidentifikasi dan mengestimasi dampak yang dihasilkan pada pekerjaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unit proses yang berpotensi menghasilkan emisi gas rumah kaca, menganalisis jumlah emisi gas rumah kaca yang dihasilkan tiap unit, menentukan unit proses mana yang menghasilkan emisi gas rumah kaca terbanyak, dan mengidentifikasi potensi dampak pemanasan global terhadap proyek Fly Over Cakung. Penelitian ini menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA) untuk mengestimasi pelepasan emisi gas karbon dioksida (CO2)  ke lingkungan, analisis perhitungan emisi menggunakan database ecoinvent dengan TRACI 2.1 untuk mengkonversi satuan polutan menjadi kgCO2e.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 15 unit proses pada konstruksi perkerasan jalan lentur Fly Over Cakung. Unit proses yang menghasilkan emisi gas rumah kaca terbanyak adalah proses produksi agregat dengan kontribusi emisi gas rumah kaca sebesar 64.088,89 Kg CO2e atau sebanyak 33,3423 % dari 15 unit proses. Dampak dari pemanasan global terhadap proyek Fly Over Cakung yaitu aspal menjadi lebih rentan terhadap deformasi, kerusakan struktur lebih mungkin terjadi, mengurangi kerataan jalan, mengurangi kenyamanan berkendara, dan mempengaruhi stabilitas berkendara.

References

Harjanto, Taufan R., Fahrurrozi, M., Bendiyasa, M. I. 2012. Life Cycle Assesment Pabrik Semen PT Holcim Indonesia Tbk. Pabrik Cilacap:Komparasi Antara Bahan Bakar Batubara Dengan Biomassa. Jurnal Rekayasa Proses, Vol. 6, No. 2 Wirahadikusumah, R. D., Sahana, H. P. 2012. Estimasi Konsumsi Energi dan Emisi Gas Rumah Kaca pada Pekerjaan Pengaspalan Jalan. Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil. Vol. 19 No. 1 April. Yu, Bin dan Qin Lu. 2012. Life cycle assessment of pavement: Methodology and case study. Transportation Research Part D: Transport and Environment. Elsevier Ltd, 17(5), pp. 380–388. Florida.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.