PREDIKSI SISA UMUR LAYAN MENGGUNAKAN DATA KINERJA JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA RUAS JALAN LINGKAR DEMAK

Kholid Ma'sum Safe'i, Ary Setyawan, Florentina Pungky Pramesti

Abstract

Permasalahan kerusakan jalan dapat mempengaruhi kondisi perkerasan jalan bahkan menyebabkan penurunan umur layan jalan khususnya pada Jalan Lingkar Demak, sehingga perlu adanya upaya peningkatan atau pemeliharaan jalan. Hal tersebut disebabkan volume lalu lintas yang terus mengalami peningkatan dan ruas Jalan Lingkar Demak merupakan salah satu bagian dari Jalan Nasional di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi perkerasan jalan dan memprediksi sisa umur layan perkerasan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). Penelitian ini diawali dengan pembagian segmen berdasarkan kondisi perkerasan jalan yang bervariasi secara visual dan selanjutnya menganalisis nilai Pavement Condition Index (PCI) yang didapatkan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ruas Jalan Lingkar Demak terdapat satu segmen yang memiliki kondisi poor yaitu pada segmen 2, kondisi fair pada segmen 1 dan 6, kondisi satisfactory pada segmen 3,5, dan 7, dan kondisi good yaitu pada segmen 4. Prediksi sisa umur layan pada ruas Jalan Lingkar Demak mempunyai sisa umur layan di bawah 1 tahun yaitu segmen 2 sebesar 0,53 tahun dan terdapat segmen jalan yang mempunyai sisa umur lebih dari 1 tahun yaitu segmen 1, 3, 4, 5, 6, dan 7.

References

Fibrian, H. A., & MAHARDI, P. (2020). PREDIKSI SISA UMUR PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN LALU LINTAS HARIAN RATA-RATA (LHR) (Studi Kasus: Ruas Batas Kota Sumenep–Kalianget STA 0+ 000–STA 4+ 580). Rekayasa Teknik Sipil, 1(1).

Tenriajeng, A.T. 2002. Rekayasa Jalan Raya-2. Gunadarma: Jakarta.

Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.

Setyawan, Ary, Jolis Nainggolan, and Arif Budiarto. Predicting the remaining service life of road using pavement condition index. Procedia Engineering 125 (2015): 417-423.

Kanggunum, A., Purwana, Y. M., & Setyawan, A. (2015). Evaluasi Kondisi Jalan untuk Keperluan Rehabilitasi dan Pemeliharaan. Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 1-7.

Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots. New York: Springer.

Nabipour, N., Karballaeezadeh, N., Dineva, A., Mosavi, A., Mohammadzadeh S, D., & Shamshirband, S. (2019). Comparative analysis of machine learning models for prediction of remaining service life of flexible pavement. Mathematics, 7(12), 1198.

OGRA’s Milestone, 2009, Pavement Condition Index Series 101, Volume 9 Number 4, Ontario Good Roads Association, Canada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.