PREDIKSI SISA UMUR LAYAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA JALAN NASIONAL (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati)

Alifsa Syahnanda, Ary Setyawan, Florentina Pungky Pramesti

Abstract

Jalan merupakan sarana transportasi yang mendukung infrastruktur perekonomian sebagai tempat pergerakan arus lalu lintas orang maupun barang dari suatu tempat ke tempat lain. Banyaknya kendaraan melintas dan beban berlebih menyebabkan kerusakan jalan sehingga mengalami penurunan umur rencana atau kerusakan dini. Diperlukan upaya untuk memperbaiki perkerasan ruas jalan tersebut agar fungsi jalan tetap efisien, efektif dan sesuai umur rencana sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan.

Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati merupakan jalan arteri primer, berdasarkan statusnya ruas jalan tersebut merupakan jalan nasional yang berperan penting dalam perekonomian serta perkembangan wilayah di sekitar jalan tersebut. Ruas jalan ini merupakan jalur kendaraan berat seperti, truk, trailer, bus, dan kendaraan lainnya. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Pada penelitian ini Metode Pavement Condition Index (PCI) digunakan dalam memprediksi kerusakan jalan secara visual dan memprediksi sisa umur layan perkerasan jalan. Metode PCI dilakukan dengan mengamati titik titik kerusakan pada jalan kemudian diolah menjadi nilai kerusakan jalan. Selain untuk menentukan kondisi perkerasan, nilai PCI kemudian dikonverensi dalam bentuk tahun untuk mencari sisa umur layan.

Hasil prediksi sisa umur layan pada ruas jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati menghasilkan rata-rata nilai PCI sebesar 45,67 sehingga memiliki kriteria kondisi jalan “poor” dengan sisa umur layan 0,93 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pada ruas jalan tersebut memiliki sisa umur layan kurang dari 1 tahun, sehingga perlu segera dilakukan perbaikan jalan agar fungsi jalan dapat kembali optimal.

References

Hardiyatmo, H.C., 2007, “Pemeliharaan Jalan Raya”, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hasibuan R P and Surbakti M S, 2019, “Study of Pavement Condition Index (PCI) Relationship With International Roughness Index (IRI) On Flexible Pavement”, MATEC Web Of Conferences. Vol. 258, pp. 03019

Isradi M, Subhan A and Prasetijo J, 2020, “Evaluation Of The Road Pavement Damage With Bina Marga Method And Pavement Condition Index Method”, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. Aug. pp. 3608-3614.

Kementerian Pekerjaan Umum, 2017, “Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017”, Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Ogra’s Milestones, 2009, “Pavement Condition Indeks Series 101”, Ontario Good Roads Association. Canada.

Pemerintah Indonesia, 2004, “Undang -Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan”, Kementerian Perhubungan. Jakarta.

Saodang, H., 2005, “Konstruksi Jalan Raya Buku 2 Perencanaan Perkerasan Jalan Raya”, Penerbit Nova. Bandung.

Setyawan A, Nainggolan J, and Budiarto A, 2015, "Predicting The Remaining Service Life Of Road Using Pavement Condition Index", Procedia Engineering Vol. 125, pp. 417-423.

Shahin, M. Y., 1994, “Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots”, Springer. New York.

Shahnazari H, Tutunchian M A, Mashayekhi M. and Amini A A, 2012, “Application Of Soft Computing For Prediction Of Pavement Condition Index”, Journal of Transportation Engineering, Vol. 138 No. 12, pp. 1495-1506.

Zoccali P, Loprencipe G and Galoni A, 2017, “Sampietrini Stone Pavements: Distress Analysis Using Pavement Condition Index Method”. Applied Sciences, Vol. 7 No. 7, pp. 669.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.