EVALUASI NILAI KONDISI PERKERASAN JALAN NASIONAL DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus: Simpang 3 Lingkar Kudus Timur – Batas Kabupaten Pati / Kudus, Jalan Lingkar Pati, dan Wangon – Menganti)

Ary Setyawan, Fajar Sri Handayani, Pilang Maharani Pramono

Abstract

Penurunan kondisi jalan mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Perlu dilakukan penilaian secara rutin untuk kondisi fungsional perkerasan. Evaluasi kondisi fungsional dilakukan untuk menjaga kualitas pelayanan jalan tetap baik. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kondisi fungsional pada ruas Jalan Simpang 3 Lingkar Kudus Timur – Batas Kabupaten Pati/Kudus, Lingkar Pati, dan Wangon – Menganti dengan menggunakan mobil Hawkeye 2000 yang menghasilkan data Pavement Condition Index (PCI). Nilai kondisi fungsional ruas Jalan Simpang 3 Lingkar Kudus Timur – Batas Kabupaten Pati/Kudus jalur kanan dan jalur kiri; Lingkar Pati jalur kanan dan jalur kiri; serta Wangon - Menganti jalur kanan dan jalur kiri sebesar 65,1378 (Fair) dan 68,0165 (Fair); 62,7913 (Fair) dan 75,6725 (Satisfactory); serta 82,2868 (Satisfactory) dan 82,1614 (Satisfactory).

Kata Kunci : Evaluasi Jalan, Hawekey 2000, Kondisi Fungsional Jalan, Pavement Condition Index.

References

ASTM International. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveis, Designation: D 6433-07. Bhandari, S., Luo, X., & Wang, F. (2022). Understanding the effects of structural factors and traffic loading on flexible pavement performance. International Journal of Transportation Science and Technology, xxxx. Hardiyatmo, H.C (2015). Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah, edisi 2, UGM Press. Yogyakarta. Piryonesi, S. M., & El-Diraby, T. E. (2021). Examining the relationship between two road performance indicators: Pavement condition index and international roughness index. Transportation Geotechnics, 26, 100441. https://doi.org/10.1016/J.TRGEO.2020.100441 Prismadana, fauzan wijaya. (2019). EVALUASI KONDISI FUNGSIONAL JALAN DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA SERTA PREDIKSI SISA UMUR PERKERASAN JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Yogyakarta – Parangtritis Sta 8±000-Sta 9±000). Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24. Setyawan, A., Nainggolan, J., & Budiarto, A. (2015). Predicting the remaining service life of road using pavement condition index. Procedia Engineering, 125, 417–423. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.11.108 Siswanto. (2020). PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) Siswanto 1 Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung. 15(1), 83–96. Suswandi, A., Wardhani, S., & Hardiyatmo, H. C. (2008). EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METHODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus: Jalan Lingkar SeLatan, Yogyakarta). Civil Engineering Forum Teknik Sipil, 18(3), 934–946. Yahya, R., Aman, M. Y. bin, Suraji, A., & Halim, A. (2019). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Dan Surface Distress Indek (Sdi). Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2019), Ciastech, 335–362.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.