EVALUASI NILAI KONDISI PERKERASAN JALAN NASIONAL DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Demak, Jalan Losari (Batas Prov. Jawa Barat)-Pejagan, dan Jalan Batas Kota Rembang-Bulu (batas Prov. Jawa Timur))

Ary Setyawan, Ory Febriayani, Fajar Sri Handayani

Abstract

Kondisi jalan nasional menurut Kementerian PUPR Tahun 2019 di Indonesia dengan kondisi tidak mantap sebesar 8,10%. Penelitian dilakukan pada ruas Jalan Lingkar Demak (Sta. 0+000 s.d. Sta. 6+910), Jalan Losari-Pejagan (Sta. 0+000 s.d. Sta. 9+370), dan Jalan Batas Kota Rembang-Bulu (Sta. 0+000 s.d. Sta. 46+370) bertujuan untuk mengevaluasi kondisi fungsional dengan metode Pavement Condition Index (PCI) menggunakan kendaraan Hawkeye 2000 pada ketiga ruasxjalan tersebut. Hasil nilai PCI pada ruas Jalan Lingkar Demak yaitu 55,98 (fair), Jalan Losari-Pejagan yaitu 28,03 (very poor), dan Jalan Batas Kota Rembang-Bulu yaitu 35,06 (very poor).

References

Adly, E., Widodo, W., Rahmawati, A., dan Putra, J. N. N. R. S. A. (2019). Rehabilitation Planning for Flexible Pave-ment Using Rebound Deflection Method and PCI Method on Triwidadi Road of Yogyakarta. International Journal of In-tegrated Engineering, 11(9 Special Issue), 201–211. Arhin, S. A., Williams, L. N., Ribbiso, A., Anderson, M. F. (2015). “Predicting pavement condition index using interna-tional roughness index in a dense urban area”. Journal of Civil Engineering Research. p. 10-17. ASTM D 6433-07., 2007. Standard Practice for Roads and Parking Lot Pavement Condition Index Surveys, USA. Ramli, Y., Isya, M., dan Saleh, S. M. (2018). Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 761–768. Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Jakarta: Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setyawan, A., Nainggolan, J., & Budiarto, A. (2015). Predicting the Remaining Service Life of Road Using Pavement Condition Index. In Procedia Engineering (Vol. 125, pp. 417–423). Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots. New York: Springer. Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova. Tighe, S., Karim, M., Herring, A., Chee, K., Moughabghab, M., and Eng, P. (2004). An Evaluation of Various Prioritization Methods for Effective Pavement Management: A Canadian Airport Case Study, Federal Aviations Administration World Wide Airport Technology Transfer Conference. Atlantic City , New Jersey , USA. Tho’atin, U., Setyawan, A., dan Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Index (PCI) untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek, 0(0), 1–9. Weil, R. (2009). State of the Streets in San Carlos. Report to Council. California.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.