EVALUASI NILAI KONDISI FUNGSIONAL PERKERASAN JALAN NASIONAL DENGAN METODE PAVEMENT CONTION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Demak, Jalan Losari (Batas Prov. Jawa Barat)-Pejagan, dan Jalan Batas Kota Rembang-Bulu (batas Prov. Jawa Timur))
Abstract
Kondisi jalan yang kurang baik tidak hanya mempengaruhi mobilisasi masyarakat dalam hal ekonomi dan sosial, namun dapat menimbulkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fungsional pada ruas Jalan Lingkar Demak, Losari – Pejagan, dan batas Kota Rembang – Bulu. Mobil hawkeye 2000 yang diproduksi Australian Road Research Board (ARRB) menghasilkan data Pavement Condition Index (PCI) pada tiap segmen yang dapat digunakan untuk menilai kondisi fungsional. Ruas Jalan Lingkar Demak, Losari – Pejagan jalur, serta Batas Kota Rembang – Bulu pada jalur kiri dan jalur kanan menunjukan kondisi fungsional berturut adalah 65,41 (Fair); 67,80 (Fair); 78,13 (Satisfactory); 78,79 (Satisfactory); 68,72 (Fair); 63,39 (Fair).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bina Marga, 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017.Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Bina Marga. Bhandari, S., Luo, X., & Wang, F., 2022. UnderStanding the effects of structural factors and traffic loading on flexible pavement performance. International Journal of Transportation Science and Technology, xxxx. Departemen Pekerjaan Umum. (2004). Departemen Pekerjaan Umum tentang Jalan. Departemen Pekerjaan Umum, 3. FAA. (2007). Ac 150/5380-6B. Program. Hardiyatmo, H.C (2015). Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah, edisi 2, UGM Press. Yogyakarta. Haryanto, Joko Tri; Suprapto, M. S., 2018. 15 dari 212. 15–22. KPUPR, B., 2004. UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38, 1(1), 3. Piryonesi, S. M., & El-Diraby, T. E., 2021. Examining the relationship between two road performance indicators: Pavement condition index and international roughness index. Transportation Geotechnics, 26, 100441. Ramli, Y., Isya, M., & Saleh, S. M., 2018. Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 761– Saputro, S., & Susanto Hariyadi, E., 2015. Evaluasi Fungsional Dan Struktural Perkerasan Lentur Pada Jalan Nasional Bandung-Purwakarta Dengan Metode Austroads 2011. 1(2), 85–92. Setyawan, A., Nainggolan, J., & Budiarto, A., 2015. Predicting the remaining service life of road using pavement condition index. Procedia Engineering, 125, 417–423. Shahin M. Y., 2005. Shahin 1994, Pavement for Airports, Roads, Parking Lots, Springer Science + Business Media., New York. Suswandi, Agus; Sartono, Wardhani; ChriStady H, H., 2008. EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METHODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus: Jalan Lingkar SeLatan, Yogyakarta). Civil Engineering Forum Teknik Sipil, 18(3), 934–946. Udiana, I. M., Saudale, A., & Pah, J. J., 2014. Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W.J. Lalamentik Dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 13–18. Yahya, R., Aman, M. Y. bin, Suraji, A., & Halim, A., 2019. Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Dan Surface Distress Indek (Sdi). Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2019), Ciastech, 335–362. Yoder, E.J., M. W., & Witczak, M., 1975. Principles of Pavement Design Yoder 2Nd, University of Maryland, Maryland
Refbacks
- There are currently no refbacks.