Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Empat Tugu Wisnu dan Simpang Empat Girimulyo Kota Surakarta Dengan Menggunakan Perangkat Lunak PTV Vistro

Afief Burhany Thahir, Budi Yulianto, Setiono Setiono

Abstract

Jalan Ahmad Yani merupakan salah satu jalan di Kota Surakarta dengan arus volume lalu lintas kendaraan yang relatif padat. Ruas Jalan Ahmad Yani menjadi salah satu ruas jalan yang menerima arah pergerakan dari ruas Jalan Adi Sucipto, Jalan Slamet Riyadi, serta ruas Jalan Kolonel Sutarto dengan bangkitan dan tarikan arus lalu lintas yang tinggi. Salah satu titik kemacetan pada ruas Jalan Ahmad Yani adalah Simpang Empat Tugu Wisnu serta Simpang Empat Girimulyo. Dalam mengatasi masalah tersebut, diperlukan analisis kinerja simpang bersinyal pada Simpang Empat Tugu Wisnu dan Simpang Empat Girimulyo. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis kinerja simpang bersinyal Simpang Empat Tugu Wisnu dan Simpang Empat Girimulyo berdasarkan perangkat lunak PTV Vistro dengan metode HCM 2010, serta melakukan pemodelan dan perbandingan dengan skenario kondisi eksisting dan skenario optimasi berdasarkan parameter tundaan (delay) dan derajat kejenuhan (degree of saturation). Hasil analisis menunjukkan kinerja simpang bersinyal dengan perangkat lunak PTV Vistro mengalami peningkatan kinerja pada skenario optimasi bila dibandingkan dengan kondisi eksisting berdasarkan parameter tundaan (delay) dan derajat kejenuhan (degree of saturation). Perbandingan hasil analisis antara skenario kondisi eksisting dan skenario optimasi menghasilkan nilai terbaik pada kondisi skenario optimasi tunggal dengan fungsi Minimize Critical Movement Delay (Split and Cycle Time) bila dilihat pada parameter tundaan dan derajat kejenuhan.

 

References

Badan Pusat Statistik, 2022, “Kota Surakarta dalam Angka 2022”,Surakarta.

Barker, J. B., Biehler, A. D., & Larry, S., 2010, “HCM 2010 : Highway Capacity Manual”, Transportation Research Board of The National Academies. Vol. .

Elefteriadou, L. and Dowling, R.G., 2015. Exploring multimodal analysis in the highway capacity manual 2010. Institute of Transportation Engineers. ITE Journal, 85(2), p.27.

Geladi, E. G., Yulianto, B., & Purwanto, E., 2018, "Perhitungan Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode MKJI 1997 dan Perangkat Lunak PTV Vistro (Studi Kasus Simpang Empat Ngemplak dan Simpang Tiga Gilingan Kota Surakarta", E-Jurnal Matriks Teknik Sipil , Vol. 6, No.3.

Jadhav, A., Anchule, D., Bade, S. and Pansare, A., 2016. Optimized Solutions for Resolving Traffic congestion At University Circle. International Journal of Civil Engineering and Technology, 7(2), pp.278-289.

Matata, F., Mwauzi, A. and Bwire, H., 2021. Evaluating the Variability of Public Transport Travel Time: A Case Study of Dar es Salaam Paratransit System (No. TRBAM-21-02959).

Morlok, E. K., 1991, "Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi", Erlangga. Jakarta.

Ozkul, S., Washburn, S.S. and McLeod, D.S., 2013. Revised version of the automobile level-of-service methodology for urban streets in the highway capacity manual 2010. Transportation Research Record, 2395(1), pp.66-72.

PTV AG, 2017, "PTV Vistro User Manual", PTV Group. Jerman.

Samuel, L., Shibil, M., Nasser, M., Shabir, N. and Davis, N., 2021, May. Sustainable Planning of Urban Transportation Using PTV VISSIM. In International Conference on Structural Engineering and Construction Management (pp. 889-904). Springer, Cham.

Sudijono, A., 2010, "Pengantar Statistik Pendidikan", PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wei, T. and Grenard, J.L., 2012. Calibration and validation of highway capacity manual 2010 capacity model for single-lane roundabouts. Transportation research record, 2286(1), pp.105-110.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.