Analisis Kinerja Simpang Empat Staggered Kleco dan Simpang Tiga Faroka Kota Surakarta Menggunakan Perangkat Lunak PTV Vistro

Faradila Setyo Nugroho, Budi Yulianto, Setiono Setiono

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya menyebabkan tingginya kebutuhan akan pergerakan manusia. Hal ini mendorong munculnya permasalahan transportasi di Kota Surakarta. Oleh karena itu, perlunya diadakan analisis kinerja lalu lintas secara berkala dan salah satu unsur transportasi yang perlu dianalisis adalah simpang. Simpang merupakan titik konflik lalu lintas akibat pertemuan dua ruas jalan atau lebih. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang bersinyal menggunakan permodelan PTV Vistro dengan skenario kondisi eksisting dan skenario optimasi. Analisis kinerja simpang menggunakan parameter derajat kejenuhan (degree of saturation) dan tundaan (delay).

References

Anonim., 2015, “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas”, Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Arifin, Syamsul., 2016,”Optimasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Simpang Pada Jalur Utama Antar Kota Kabupaten Lumajang Menggunakan PTV Vistro” Universitas Jember, Jember.

Elefteriadou, L. and Dowling, R.G., 2015. Exploring multimodal analysis in the highway capacity manual 2010. Institute of Transportation Engineers. ITE Journal, 85(2), p.27.

Hayati, N. N., Sulistyono, S., Koesoemawati, D. J., & Kuncoro, F. T., 2016, “Simulasi Dampak Lalu Lintas Pengoperasian Jember Sport Garden Menggunakan PTV Vistro”, Proceedings of the 19th International Symposium of FSTPT, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 11-13 Oktobwer 2016, pp. 1196–1205.

Jadhav, A., Anchule, D., Bade, S. and Pansare, A., 2016. Optimized Solutions for Resolving Traffic congestion At University Circle. International Journal of Civil Engineering and Technology, 7(2), pp.278-289.

Kriswardhana, W., Hayati Nuring, N., & Dwi N, D., 2016, “Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Central Business District Area Segitiga Emas Kabupaten Jember”, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 11-13 Oktobwer 2016, pp. 1323-1333

Matata, F., Mwauzi, A. and Bwire, H., 2021. Evaluating the Variability of Public Transport Travel Time: A Case Study of Dar es Salaam Paratransit System (No. TRBAM-21-02959).

Ozkul, S., Washburn, S.S. and McLeod, D.S., 2013. Revised version of the automobile level-of-service methodology for urban streets in the highway capacity manual 2010. Transportation Research Record, 2395(1), pp.66-72.

PTV AG., 2017, “PTV Vistro User Manual”, PTV Group, Jerman.

Samuel, L., Shibil, M., Nasser, M., Shabir, N. and Davis, N., 2021, May. Sustainable Planning of Urban Transportation Using PTV VISSIM. In International Conference on Structural Engineering and Construction Management (pp. 889-904). Springer, Cham.

Wei, T. and Grenard, J.L., 2012. Calibration and validation of highway capacity manual 2010 capacity model for single-lane roundabouts. Transportation research record, 2286(1), pp.105-110.

Yulianto, Budi., Geladi, Elsafan Gelar., & Purwanto, Edy, 2018, “Perhitungan Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode MKJI 1997 dan Perangkat Lunak PTV Vistro (Studi Kasus Simpang Empat Ngemplak dan Simpang Tiga Gilingan Kota Surakarta”, Jurnal Matriks Teknik Sipil. Vol. 6 No. 3.

Yulianto, Budi dkk., 2018, “Analysis of Signalized Intersection Performance Using IHCM 1997 Method and PTV Vistro Software”, MATEC Web of Conferences. Vol. 195. EDP Science

Refbacks

  • There are currently no refbacks.