ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT NGAPEMAN DAN SIMPANG EMPAT TIMURAN KOTA SURAKARTA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISTRO

I Made Elian Dimas Komala, Budi Yulianto, Setiono Setiono

Abstract

Simpang Ngapeman dan Timuran berada tepat di pusat Kota Surakarta dan berdekatan dengan berbagai pusat kegiatan masyarakat sehingga memiliki risiko kemacetan dan konflik lalu lintas. Analisis kinerja simpang bersinyal diperlukan untuk menentukan strategi penurunan konflik lalu lintas di kedua simpang tersebut. Analisis kedua simpang bersinyal dilakukan menggunakan perangkat lunak PTV Vistro metode HCM 2010 berdasarkan parameter derajat kejenuhan (DS) dan tundaan (D). Dilakukan validasi pemodelan dengan parameter panjang antrean (m) untuk menghasilkan data yang representatif dengan kondisi di lapangan. Analisis dilakukan dalam dua skenario, yaitu kondisi eksisting dan optimasi tunggal. Berdasarkan hasil analisis, optimasi tunggal (Minimize Critical Movement Delay-Split and Cycle Time) menghasilkan kinerja terbaik bagi kedua simpang. Simpang Ngapeman menghasilkan nilai DS = 0,6 dan D = 26,9 det/smp pada jam sibuk pagi serta nilai DS = 0,5 dan D 25,9 det/smp pada jam sibuk sore. Simpang Timuran menghasilkan nilai DS = 0,4 dan D = 21,7 det/smp pada jam sibuk pagi serta nilai DS = 0,5 dan D = 23,3 det/smp pada jam sibuk sore.

References

Alajali, Walaa, Wanlei Zhou, and Sheng Wen. "Traffic flow prediction for road intersection safety." In 2018 IEEE SmartWorld, Ubiquitous Intelligence & Computing, Advanced & Trusted Computing, Scalable Computing & Communications, Cloud & Big Data Computing, Internet of People and Smart City Innovation (SmartWorld/SCALCOM/UIC/ATC/CBDCom/IOP/SCI), pp. 812-820. IEEE, 2018.

Badan Pusat Statistik, 2022, "Surakarta Dalam Angka 2022". Surakarta.

Barker J B, Biehler A D, & Larry S., 2010, "HCM 2010 : Highway Capacity Manual". Transportation Research Board of The National Academies. Vol. 1.

Campos, G.R., Falcone, P., Wymeersch, H., Hult, R. and Sjöberg, J., 2014, December. Cooperative receding horizon conflict resolution at traffic intersections. In 53rd IEEE Conference on Decision and Control (pp. 2932-2937). IEEE.

Geladi E G, Yulianto B, & Purwanto E, 2018, "Perhitungan Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode MKJI 1997 dan Perangkat Lunak PTV Vistro (Studi Kasus Simpang Empat Ngemplak dan Simpang Tiga Gilingan Kota Surakarta)", Matriks Teknik Sipil. Vol. 6 No. 3.

Jadhav, A., Anchule, D., Bade, S. and Pansare, A., 2016. Optimized Solutions for Resolving Traffic congestion At University Circle. International Journal of Civil Engineering and Technology, 7(2), pp.278-289.

Matata, F., Mwauzi, A. and Bwire, H., 2021. Evaluating the Variability of Public Transport Travel Time: A Case Study of Dar es Salaam Paratransit System (No. TRBAM-21-02959).

Putri R D, Yulianto B, & Setiono S, 2020. "Studi Perbandingan Kinerja Simpang Bersinyal Di Jalan Dr Radjiman Kota Surakarta Menggunakan Metode MKJI 1997 dan Perangkat Lunak PTV Vistro", Matriks Teknik Sipil, Vol. 8 No. 2.

Samuel, L., Shibil, M., Nasser, M., Shabir, N. and Davis, N., 2021, May. Sustainable Planning of Urban Transportation Using PTV VISSIM. In International Conference on Structural Engineering and Construction Management (pp. 889-904). Springer, Cham.

Yulianto B & Setiono, 2019, "Analysis of One-Way System Implementation with Contra-Flow Bus Lane in Supporting Sustainable Transportation Program", Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1376 No. 1.

Yulianto B, Setiono, Setiawan A. & Putra D R, 2018, "Analysis of signalized intersection performance using IHCM 1997 method and PTV Vistro Software", MATEC Web of Conferences, Vol. 195 No.1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.