KAJIAN SERAPAN DAN PENETRASI KLORIDA PADA BETON MEMADAT MANDIRI MUTU TINGGI DENGAN METAKAOLIN 12,5% DAN VARIASI STEEL SLAG SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS

Wibowo Wibowo, Endah Safitri, Muhammad Hanifah Barkah

Abstract

Perkembangan pembangunan yang sangat signifikan menjadikan dunia konstruksi diharapkan sanggup menciptakan inovasi yaitu salah satunya beton memadat mandiri mutu tinggi. Penggunaan metakaolin dapat menjadi inovasi sebagai pengganti semen. Pemanfaatan limbah sebagai usaha pelestarian alam salah satunya yaitu limbah steel slag yang melimpah dapat digunakan sebagai substitusi agregat halus. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimental dengan variasi kadar steel slag yaitu 0%; 15%; 17,5%; 20%; 22,5%; dan 25% dari berat agregat halus dan penggunaan metakaolin 12,5% dari berat binder. Pada pengujian serapan dan penetrasi klorida dengan benda uji berbentuk silinder dengan diameter 7,5 cm dan tinggi 15 cm. Pengujian serapan klorida dilakukan dengan merendam benda uji 10+0,5 menit dan 24 jam didapatkan hasil yaitu semakin besar kadar steel slag yang digunakan akan menurunkan serapan klorida pada beton. Pada pengujian penetrasi dilakukan dengan merendam benda uji selama 7, 41, 28 hari didapatkan hasil yaitu semakin besar kadar steel slag yang digunakan akan semakin menurunkan penetrasi klorida pada beton.

References

Adiwijaya, A., Datu, I. T., & Khairil, K. (2018). Penerapan Slag Baja Sebagai Pengganti Agregat Pada Karakteristik Self Compacting Concrete. Seminar Nasional Hasil, Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang, Makasar, 978-602–60, 166–171. As’ad, S. (2012). Beton Memadat Mandiri. Harian Joglo Semar, Surakarta. European Federation of National Association Representing Concrete Spesification and Guidelines for Self Compacting Concrete (EFNARC). (2005). The European Guidelines for Self Compacting Concrete. Irawan, I. (2014). Pengaruh Silica Fume Terhadap Beton Mutu Tinggi Self Compacting Concrete. repository.upi.edu. Srivastava, V., Kumar, R., Agarwal, V.C., 2012, Metakaolin Inclusion: Effect on Mechanical Properties of Concrete, Civil Engineering Department MNNIT, Allahabad, India. SNI 03-2914-1992, 1992, Spesifikasi Beton Bertulang Kedap Air, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.