PENGARUH DIMENSI PONDASI DAN KAPASITAS MESIN TERHADAP RESPON STATIS PONDASI MESIN DANGKAL

Addina Salam Arrasyidi, Niken Silmi Surjandari, Siti Nurlita Fitri

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan penduduk di Indonesia mengakibatkan kebutuhan listrik yang meningkat. Salah satu cara mengatasi kebutuhan listrik yang terus meningkat adalah dengan membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Mesin PLTMH Ketika digunakan akan mengalami getaran yang dapat membahayakan mesin itu sendiri maupun lingkungan disekitarnya. Sehingga dibutuhkan pondasi mesin yang dapat meredam getaran mesin dan aman terhadap respon statis mesin PLTMH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi pondasi dan kapasitas mesin terhadap respon statis pondasi mesin. Dengan variasi panjang dan lebar pondasi sebesar 0,5 m. Untuk variasi mesin yang digunakan adalah mesin dengan kapasitas 1000, 1500, dan 1200 rpm. Metode analisa yang digunakan adalah metode meyerhof. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah semakin besar panjang pondasi, maka akan terjadi penurunan daya dukung sebesar 6,67%, sedangkan semakin besar luas penampang pondasi maka akan terjadi penurunan tegangan statis sebesar 3% untuk semua mesin.

References

Arya, S, O’Neill, M, dan Pincus, G., 1979, “Design of Structures & Foundations for Vibrating Machines, Gulf Publishing Company”, Houston, London, Paris, Tokyo.

Bowles, J. E., 1984, “Physical and Geotechnical Properties of Soils”, McGraw-Hill,inc, USA

Bowles, J. E., 1991, “Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah)”, Penerbit Erlangga, Jakarta

Gunawan, Hendry, Dananjaya, R.H. dan Setiawan, B., 2017, “Pengaruh Tinggi, Kedalaman Fondasi Mesin Jenis Blok dan Parameter Tanah Berbutir Halus Terhadap Amplitudo”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Hertiany, Isti Radhista, Hardiyatmo, H.,C., and Faris, F., 2019, “Analisis Dinamik Fondasi Mesin Generator Sets Pada Power House Building Project Lube Oil Blending Plant”. Jurnal Tekno Global. Vol. 8, No. 1.

Lim, A., 2013, “Kajian Daya Dukung Fondasi Menerus Terhadap Jarak Antar Fondasi dan Kondisi Tanah yang Berlapis”, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Mochtar, I. B., 2012, “Kenyataan Lapangan Sebagai Dasar Untuk Usulan Konsep Baru Tentang Analisa Kuat Geser Tanah Dan Kestabilan Lereng”, 16th Annual Scientific Meeting 2012

Muda, A., 2016, “Analisis Daya Dukung Tanah Fondasi Dangkal Berdasarkan Data Laboratorium”, Jurnal INTEKNA. Vol. 16 No. 1, pp. 1-100

Syahidi, Shofa, Dananjaya, R.H. dan Setiawan, B, 2017, “Pengaruh Luas Penampang Fondasi Mesin Jenis Blok Dan Parameter Tanah Berbutir Halus Terhadap Amplitudo”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Tobi, Markus Dwiyanto, and van Harling, V., 2017, “Studi Perencanaan Pembangunan Pltmh Di Kampung Sasnek Distrik Sawiat Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat”, Electro Luceat. Vol. 3 No. 1, pp. 32.

Wati, Rezky, 2017, “Analisis Perencanaan Fondasi Akibat Beban Statis Dan Beban Dinamis” ( Studi Kasus : Mesin Vertical Mill Di Pt . Semen Baturaja ), Jurnal Penelitian Dan Kajian Teknik, Vol. 5 No. 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.