PENERAPAN ANALISIS KONSEP NILAI HASIL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DINAS PERHUBUNGAN SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PRIMAVERA P6

Aditya Putra Permana, Setiono Setiono, Muji Rifai

Abstract

Pesatnya perkembangan di bidang konstruksi di Indonesia menimbulkan persaingan usaha yang juga semakin ketat, tentunya hal tersebut menjadi tuntutan bagi para pelaku usaha konstruksi untuk mampu bersaing.. Pada penelitian ini fokus penelitian pada pembangunan suatu gedung yang merupakan sebuah proyek besar bagi pelaku konstruksi. Dalam proyek tersebut membutuhkan manajemen yang baik agar hasil dari proyek tersebut sesuai dengan yang sudah direncanakanPenelitian ini fokus menganalisis permasalahan pengendalian waktu dalam pelaksanaan proyek pembangunan gedung Dinas Perhubungan Surakarta. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis, proyek pembangunan Gedung Dinas Perhubungan Surakarta memiliki konsep konstruksi bangunan gedung 3 lantai dengan lahan parkir bus Dinas Perhubungan pada bagian lantai dasarnya.menganalisi konsep nilai hasi yang terdiri dari biaya (anggaran), waktu (jadwal) dan mutu (kinerja) pada proyek pembangunan gedung Dinas Perhubungan Surakarta dengan menggunakan program aplikasi Primavera P6. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan analisis deskriptif, yaitu suatu strategi pemecahan masalah yang ada dengan mengumpulkan, menganalisis dan meringkas data untuk sampai pada kesimpulan akhir. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yakni menerapkan rumus earned value management (EVM). Didapatkan hasil bahwa besar simpangan atau perbedaan terhadap perbandingan antara EAC (Estimate at Completion) atau perkiraan biaya yang harus dikeluarkan dengan Actual Cost sampai proyek selesai sebesar 0,0167%. Berdasarkan rancangan kalender kerja pada proyek tersebut juga diperoleh penambahan waktu pelaksanaan dikarenakan adanya kasus penyebaran pandemi Covid-19 yang semula waktu pelaksanaan sebanyak 22 minggu bertambah menjadi 26 minggu.Adanya perubahan waktu pelaksanaan mengakibatkan jumlah tenaga kerja selama pandemi Covid-19 pun menjadi berkurang, setelah berlakunya SK Adendum Wali Kota dan Penambahan waktu pelaksanaan juga membuat perubahan estimasi biaya dari anggaran yang sudah direncanakan. Adapun biaya total awal AC sebelum Addendum pada proyek adalah Rp 4.610.757.300,12 dengan penambahan biaya AC sebesar Rp 312.077.464,92. Sehingga total biaya AC pada proyek menjadi Rp 5.106.482.779,27 dengan nilai kotrak awal proyek sebesar Rp 5.500.288.000,00.

References

Adinata, S., & Alfa, A., 2020, “Penerapan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept) Pada Proyek Peningkatan Jalan Aspal Di Lokasi F4 (Sungai Sirih), Jurnal Selodang Mayang Vol. 6 No. 2.

Apriyanto, D., 2016, “Penerapan Program Primavera 6.0 Untuk Menganalisis Konsep Nilai Hasil (Studi Kasus Proyek Pembangunan Kantor Polres Purworejo),” Skripsi: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ariane, F., & Dinariana, D., 2018, “Earned Value Analysis Pada Pengendalian Waktu Proyek Venue Layar Di DKI Jakarta,” Jurnal IKRA-ITH Teknologi Vol 2 No 3 November 2018.

Kistiani, F., 2017, “Pengendalian Biaya dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value)”, Jurnal Karya Teknik Sipil Vol. 6 No. 4, pp. 460-470.

Mahapatni, I. A. P. S., 2019, “Metode Perencanaan dan Pengendalian Proyek Konstruksi”, Denpasar: UNHI Press.

Nono, Y., Pratasis, P. A. K., & Malingkas, G., 2019, “Analisis Metode Nilai Hasil terhadap Waktu dan Biaya pada Proyek Office and Distribution Center, Airmadidi, Minahasa Utara-Manado,” Jurnal Sipil Statik Vol. 7 No. 11 November 2019, pp. 1453-1476.

Nudja, I. K., 2017, “Pengendaliaan Pelaksanaan Proyek Konstruksi pada Pembangunan Bangunan atas Jembatan Beton dengan Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept),” Jurnal Paduraksa, Vol. 6 No. 2 Desember 2017.

Subramani, T., DS Stephan Jabasingh, and J. Jayalakshmi. "Analysis of cost controlling in construction industries by earned value method using Primavera." International Journal of Engineering Research and Applications 4, no. 6 (2014): 145-153.

Sruthi, M.D. and Aravindan, A., 2020. Performance measurement of schedule and cost analysis by using earned value management for a residential building. Materials Today: Proceedings, 33, pp.524-532.

Verma, A., Pathak, K.K. and Dixit, R.K., 2014. Earned value analysis of construction project at Rashtriya Sanskrit Sansthan, Bhopal. Int. J. Innov. Res. Sci. Eng. Technol, 3, pp.11350-11355.

Windarto, W., Nugraheni, F., & Sukindrawati, B., 2016, “Evaluasi Kinerja Waktu dengan Metode Konsep Nilai Hasil,” Jurnal Teknik Vol. 3 No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.