ANALISIS VALUE ENGINEERING (VE) PADA STRUKTUR BETON (STUDI KASUS : GEDUNG PLANETARIUM PROYEK REVITALISASI PKJ TIM TAHAP II)

Fajar Sri Handayani, Ary Setiawan, Retno Sunarni

Abstract

Pekerjaan renovasi/upgrading Gedung Planetarium Proyek Revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta (PKJ TIM) Tahap II tidak terlepas dari adanya pengadaan biaya yang ada. Pada studi kasus ini berdasarkan Cost Breakdown Model dan Hukum Distribusi Pareto, pekerjaan struktur atas memakan biaya tertinggi sebesar 22,80% dari keseluruhan biaya proyek. Penelitian ini difokuskan pada pekerjaan struktur dua tipe balok saja yaitu balok B49C dan B412B I. Total biaya pekerjaan balok tipe B49C dan B412B I pada kondisi existing adalah Rp 1.409.025.485,45. Di sisi lain, desain struktur balok gedung dinilai memiliki dimensi yang besar sehingga dapat dilakukan pengefisienan. Selain itu, penggunaan semen sebagai penyusun material beton saat ini mulai dilakukan penggantian dengan mengaplikasikan bahan aditif yang memiliki perbedaan biaya jika dibandingkan dengan murni penggunaan semen itu sendiri. Salah satu cara untuk melakukan pengoptimalisasian biaya atas dasar pertimbangan tersebut adalah dengan menggunakan metode Value Engineering (VE). Bahan aditif semen pada kondisi existing yaitu fly ash (10%) dengan f’c 30 MPa. Sedangkan alternatif bahan aditif semen pada penelitian ini ada 3 jenis yaitu zeolit (10%) dengan f’c 34 MPa, silica fume (10%) dengan f’c 41,4 MPa, dan metakaolin (27,5%) dengan f’c 45 MPa. Berdasarkan hasil analisis Value Engineering (VE) disimpulkan bahwa alternatif penggunaan bahan aditif metakaolin (f’c 45 MPa) dengan reduksi dimensi menjadi alternatif terbaik dengan penghematan biaya paling tinggi sebesar Rp 260.274.995,83 atau sekitar 18,47% dari biaya balok existing.

References

Badan Standardisasi Nasional, 2019, “SNI 2847:2019 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung dan Penjelasan”. Iqbal A. dan Wadhono A., 2018, “Pengaruh Zeolit Sebagai Material Pengganti Semen Pada Campuran Beton Self Compacting Concrete (SCC) Terhadap Kuat Tekan dan Porositas Beton”, Jurnal Rekayasa Teknik Sipil (REKATS) Universitas Negeri Surabaya, 167-175. Lathifah P., 2018, “Kajian Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas Pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri dengan Variasi Penambahan Bahan Metakaolin”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Rahady M. A., 2017, “Pengaruh Penambahan Silica Fume dan Superplasticizer Pada Self Compacting Concrete (SCC)”, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta. Robati M., 2021, “Carbon Value Engineering: A framework for Integrating Embodied Carbon and Cost Reduction Strategies in Building Design”, Cooperative Research Centre for Low Carbon Living, Sydney.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.