APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) DALAM PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG

Anjas Fadhilah Fadhilah, Edy Purwanto, Achmad Basuki

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada era industri 4.0 terjadi sangat cepat diberbagai bidang industri, seperti bidang Architec Engineering Construstion (AEC). Architec Engineering Construstion (AEC) terus memaksimalkan perkembangan teknologi digital dengan penggunaan aplikasi penunjang pengaplikasian sistem Building Information Modeling (BIM). BIM berimplikasi memberi perubahan dan mendorong pertukaran informasi menggunakan model 3D pada berbagai disiplin pekerjaan dan instansi yang berbeda, sehingga pekerjaan akan dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Pada studi ini menggunakan 5D BIM yang mencakup beberapa pengaplikasian sistem BIM, diantaranya adalah desain struktur 3D dengan menyertakan hasil output pendetailan elemen struktur, perhitungan volume pekerjaan, estimasi biaya, penjadwalan dan visualisasi dengan perenderan model bangunan.

Tujuan dari studi ini adalah mampu memodelkan desain bangunan dalam bentuk 3D, menghasilkan output detail gambar, volume pekerjaan, estimasi biaya, penjadwalan serta memperlihatkan simulasi BIM 5D dan visualisasi bangunan sebelum bangunan tersebut didirikan. studi ini membuat model dari desain dengan bantuan beberapa aplikasi seperti AutoCAD, Revit, Lumion, SAP 2000 dan Navisworks. Penentuan aplikasi yang digunakan disesuaikan dengan rumusan masalah yang akan diselesaikan, Revit digunakan untuk membuat Model Utama 3D, Lumion untuk visualisasi Model 3D, SAP2000 untuk analisis struktur dan Navisworks untuk mensimulasikan model desain yang terintegrasi dalam BIM 5D. Data perencanaan menggunakan data sekunder dari Tugas Besar Beton tahun 2020 kelompok 1.

Aplikasi 5D BIM dalam studi skripsi ini menghasilkan pemodelan 3D struktur, integrasi model 3D dengan proses analisis struktur dalam aplikasi SAP2000, pendetailan penulangan elemen struktur, hasil perhitungan volume pekerjaan estimasi biaya dan penjadwalan yang sudah terintegrasi.

Kata Kunci: Building Information Modeling, BIM 5D, aplikasi Revit.

References

Abakumov, R.G. and Naumov, A.E., 2018, March. Building information model: advantages, tools and adoption efficiency. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 327, No. 2, p. 022001). IOP Publishing.

Azhar, S., 2011. Building information modeling (BIM): Trends, benefits, risks, and challenges for the AEC industry. Leadership and management in engineering, 11(3), pp.241-252.

Azhar, S., Khalfan, M. and Maqsood, T., 2012. Building information modeling (BIM): now and beyond. Australasian Journal of Construction Economics and Building, The, 12(4), pp.15-28.

Badan Standarisasi Nasional, 2019, “Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 2847 - 2019). Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2020, “Beban Minimum untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain (SNI 1727 - 2020)”, Jakarta.

Cindy F. Mieslenna, dan Andreas Wibowo,2019, “Mengeksplorasi Penerapan Building Information Modeling (BIM) pada Industri Konstruksi Indonesia dari Perspektif Pengguna”, Makalah Penelitian, Program Pascasarjana Teknik Sipil, Uni versitas Katolik Parahyangan.

Doumbouya, L., Gao, G. and Guan, C., 2016. Adoption of the Building Information Modeling (BIM) for construction project effectiveness: The review of BIM benefits. American Journal of Civil Engineering and Architecture, 4(3), pp.74-79.

Ghaffarianhoseini, A., Tookey, J., Ghaffarianhoseini, A., Naismith, N., Azhar, S., Efimova, O. and Raahemifar, K., 2017. Building Information Modelling (BIM) uptake: Clear benefits, understanding its implementation, risks and challenges. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 75, pp.1046-1053.

ISO, 2019, “ISO 19650 British Standards Institution” PT. KOBI Mandiri Perkasa. https://archilantis.com/apa-itu- bim-building-information-modelling/. [30 Januari 2021].

Kirby, L., Krygiel, E., dan Kim, M, 2018, “Mastering Autodesk Revit 2018”, John Wiley & Sons, Indianapolis

Love, P.E., Matthews, J., Simpson, I., Hill, A. and Olatunji, O.A., 2014. A benefits realization management building information modeling framework for asset owners. Automation in construction, 37, pp.1-10.

National Institute of Building Sciences, 2011, “US National Building Information Model Standard Project Committee”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.