Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tetang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Desa Tohudan, Karanganyar

Siti Nurlita Fitri, Erik Wahyu Pradana, Muji Rifai, Iva Yenis Septiariva

Abstract

Bencana gempa bumi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada beberapa kawasan di Jawa Tengah, tak terkecuali di Desa Tohudan, Karanganyar-Jawa Tengah. Banyak kerugian yang terjadi akibat dari bencana gempa bumi, untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan dari bencan gempa bumi, maka hal yang harus dilakukan adalah melakuakan mitigasi bencana gempa bumi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap bahaya gempa bumi itu sendiri. Jurnal ini memuat kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang gempa bumi. Kegiatan awal yang direncanakan adalah sosialisasi secara online, namun mengingat kasus positive Covid 19 yang belum reda, maka tim memutuskan untuk mengganti sistem dengan cara penempelan Poster dibeberapa lokasi di Desa Tohudan. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah persiapan media pembelajaran untuk peningkatan pengetahuan masyarakat, diskusi yang dilaksakana dengan perangkat desa, sosialisasi yang diganti dengan pembuatan desain poster, dan yang terakhir adalah penempelan poster. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan mitigasi gempa bumi, sehingga kerugian yang terjadi akibat bencana dapat diminimalisir.

References

Arisona, Risma Dwi. 2020. “Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sdn 2 Wates Ponorogo.” InEJ: Indonesian Engagement Journal 1(1)

Ayub, Syahrial, Wahyudi Wahyudi, Muhammad Taufik, Sutrio Sutrio, and Ni Nyoman Sri Putu Verawati. 2019. “Pelatihan Pemantapan Langkah-Langkah Penyelamatan Diri Dari Bencana Gempabumi Di SDIT Anak Sholeh Mataram.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia 2(1)

Bujung, Cyrke A. N. 2019. “Pelatihan ”Mitigasi Bencana Gempa Bumi” Sebagai Upaya Minimalisir Resiko Bencana Bagi Wanita/Kaum Ibu Lingkungan Vi Malalayang Satu Timur.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakAT 11(2)

Edriani, Annisa Fitria, Lindung Zalbuin Mase, and Besperi Besperi. 2020. “Sosialisasi Tanggap Darurat Dan Keselamatan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Gempa.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2)

Kusumawadi, Ari, and Malahayati Rahayu Sulastri. 2020. “Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SDN 1 Batu Nampar Lombok Timur.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia 2(1)

Kemdikbud, Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: 2013)

Malik, Yakub. 2016. “Penentuan Tipologi Kawasan Rawan Gempabumi Untuk Mitigasi Bencana Di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.” Jurnal Geografi Gea 10(1)

Megawati. 2017. “Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris.” Getsempena English Education Journal 4(2)

Primus Supriyono, Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Gempabumi (Yogyakarta:C.V ANDI Offset,2014)

Pristanto, Adhitya Irvan. 2010. “Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Desa Tirtomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Subagia, I Wayan dan I G.L Wiratma. (2013). Mitigasi Becana Alam Gempa Bumi, Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Research Inovatif (Seminar-1) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian UNDIKSHA

Wahyuni, Indah, and Nur Hidayat. 2019. “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DI BENGKEL.” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 1(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.