Perencanaan Ulang Jembatan Busur Di Sungai Code Yogyakarta

Hillary Merry Christin, Agus Supriyadi, Senot Sangadji

Abstract

Jembatan Prof. Ir. KRMT Wreksodiningrat merupakan jembatan busur beton bertulang dengan desain letak lantai kendaraan berlokasi di atas struktur pelengkung (deck arch). Terdapat tiga jenis jembatan pada penelitian ini yaitu jembatan dengan letak lantai kendaraan di atas pelengkung (deck arch), di bawah pelengkung (through arch), serta di antara puncak dan kaki pelengkung (half-through arch). Pemilihan desain yang kurang tepat akan memengaruhi kekuatan serta efektivitas desain jembatan yang dirancang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variasi letak lantai kendaraan pada jembatan terhadap perilaku struktur, menentukan pengaruh variasi letak lantai kendaraan pada jembatan terhadap berat struktur dan menentukan rasio efensiensi sehingga diperoleh desain yang efektif. Tahapan penelitian dimulai dengan perencanaan desain awal untuk menentukan desain jembatan yang akan dimodelkan menggunakan bantuan program SAP2000 v.14. Selanjutnya, dilakukan kontrol kekuatan dan defleksi struktur sesuai dengan persyaratan ijin. Analisis yang dilakukan akan memperoleh hubungan dari variabel yang diteliti untuk mendapatkan desain jembatan yang paling optimal dan efisien. Jembatan tipe deck arch memiliki berat struktur sebesar 52653,071 kN, tipe through arch memiliki berat struktur sebesar 139924,826 kN dan tipe half-through arch memiliki berat struktur sebesar 118144,430 kN. Berdasarkan hasil analisis ketiga jembatan yang telah dimodelkan, jembatan yang paling efisien merupakan jembatan busur tipe deck arch dengan rasio defleksi/bentangan busur 0,00067 dan berat struktur 52.653,071 kN.

References

Anonim, 2004, “RSNI T-12-2004: Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan”, Badan Standardisasi Nasional. Jakarta

Anonim, 2016, “SNI 1725-2016 Pembebanan untuk Jembatan”, Badan Standardisasi Nasional. Jakarta

Anonim, 2016, “SNI 2833-2016 Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa”, Badan Standardisasi Nasional. Jakarta

Anonim, 2017, “SE Nomor: 05/SE/Db/2017 Penyampaian Ketentuan Desain dan Revisi Desain Jalan dan Jembatan, serta Kerangka Acuan Kerja Pengawasan Teknis untuk Dijadikan Acuan di Lingkungan” Dijen Bina Marga. Jakarta

Ardiansyah, Syukri M. dkk., 2019, “Analisis Jembatan Busur Pejalan Kaki Berdasarkan Variasi Letak Lantai Kendaraan”, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik, Vol. 6, Edisi 2, Juli s/d Desember 2019

Chen, W. F., and Duan, L., 2014, “Bridge Engineering Handbook: Superstructure Design 2nd Ed”, CRC Press. New York.

Fu, Gongkang, 2013, “Bridge Design and Evaluation: LRFD and LRFR”, John Wiley & Sons, Inc.New Jersey

Hibbeler, R. C., 2012, “Structural Analysis, 8th Ed”, Pearson Education, Inc. New Jersey

Koshi, Alika., & Kottalil, Laju., 2016, “Performance Comparison of Through Arch Bridge at Different Arch Positions”, International Journal of Scientific & Engineering Research, Vol. 7, Issue 9, pp. 2229-5518

Lin, W., and Yoda, T., 2017, “Bridge Engineering”, Butterworth-Heinemann. Oxford

Putra, A. K., 2019, “Studi Komparasi Perencanaan Jembatan Sarjito II Tipe Pelengkung Beton Bertulang Berdasarkan SNI 1725-2016 dan RSNI T-12-2004”, Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Seubelan, A. L., 2009, “Perancangan Struktur Jembatan Sardjito II Yogyakarta”, Tesis. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya

Supriyadi, B., dan Muntohar, A. S., 2007, “Jembatan”, Penerbit Beta Offset. Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.