Permodelan Sistem Fixed time controller Dan Semi Actuated Controller Pada Simpang Exit Toll Gondangrejo Menggunakan Program Simulasi PTV VISSIM

Jusuf Fernando Hasiholan, Budi Yulianto, Setiono Setiono

Abstract

Aksesibilitas dari jalan tol dan jalan non tol harus dijadikan perhatian oleh pemerintah khususnya oleh Dinas Perhubungan sebab penyediaan akses tersebut akan menciptakan suatu persimpangan jalan baru dari hasil pertemuan antara jalan umum dan ruas jalan tol yang selanjutnya disebut sebagai simpang exit toll. Lokasi yang dipilih sebagai tinjauan pada penelitan ini adalah Simpang Exit Toll Gondangrejo yaitu simpang tiga bersinyal yang menggunakan sistem Fixed Time Controller dalam pengoperasian lampu lalu lintasnya. Karakteristik pada persimpangan ini memiliki perbedaan dengan persimpangan di perkotaan dimana terdapat perbedaan jumlah arus lalu lintas pada jalan tol dan jalan non tol. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan menganalisis kinerja Simpang Exit Toll Gondangrejo menggunakan sistem Fixed Time Controller dan Semi Actuated Controller menggunakan program simulasi PTV VISSIM

References

Department for Transport. 2020. TAG UNIT M3. 1 Highway Assignment Modelling. Transport Appraisal and Strategic Modelling (TASM) Division, Department for Transport. London. Irawan, M. Z., & Putri, N. H. (2017). Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Jurnal Transportasi Multimoda, 13(3), 97-106. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. (1997). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Yulianto, B. (2013). Setiono.“. Kalibrasi dan Validasi Mixed Traffic VISSIM Model”. Media Teknik Sipil.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.