ESTIMASI PARAMETER PADA MODEL GRAVITY DENGAN METODE ENTROPI-MAKSIMUM DAN FUNGSI HAMBATAN EKSPONENSIAL NEGATIF (Studi Kasus Kabupaten Sukoharjo)

Elza Mutiara Putri, Syafi'i Syafi'i, Slamet Jauhari Legowo

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhan setiap individu, seperti bekerja, sekolah, belanja, dan masih banyak lagi. Setiap pergerakan yang ditimbulkan menyebabkan kemacetan, kelambatan, kebisingan, serta polusi udara, sehingga dilakukan perencanaan transportasi menggunakan MAT (Matrik Asal Tujuan) dengan pemodelan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai parameter β menggunakan model Gravity dengan metode Entropi Maksimum dan fungsi hambatan Eksponensial Negatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sukoharjo yang dimana termasuk dalam bagian karesidenan Kota Surakarta. Selain itu, pembagian zona dilakukan berdasarkan jumlah kecamatan yaitu 19 zona internal dan 12 zona eksternal. Estimasi MAT ini dilakukan menggunakan model Gravity dan dibantu dengan program EMME/3. Model Gravity ini terdapat nilai parameter β yang berfungsi sebagai penentu besarnya nilai sebaran pada tiap zona. Metode yang digunakan untuk mencari nilai parameter β menggunakan metode kalibrasi Newton-Rapshon. Nilai arus lalu lintas yang dihasilkan akan dibebankan pada pembebanan User Equilibrium yang menghasilkan volume lalu lintas pada tiap ruas jalan, yang selanjutnya digunakan untuk menghitung tingkat validitas menggunakan koefisien determinasi (R2). Hasi dari pemodelan menunjukkan uju validitasnya sangat tinggi yaitu nilai R2 sebesar 0,803 sehingga dinyatakan bahwa arus lalu lintas hasil pemodelan mendekati sama dengan arus lalu lintas hasil traffic count, dan besaran nilai parameter β dari perhitungan Kalibrasi Newton-Raphson sebesar 0,070 yang dihitung menggunakan program Miscrosoft Excel. Sedangkan estimasi pergerakan dengan model Gravitysebesar 16366 smp/jam dengan total pergerakan terbesar diasilkan dari zona eksternal menuju ke zona eksternal sebesar 10909 smp/jam (66,68%).

References

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum RI. Fauzan, Atha KD, 2019, Studi Peramalan Jaringan di Kota Surakarta pada Tahun 2035 dengan Jalan Tetap dan dengan Penambahan Jaringan Jalan Baru, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Monica, Elfa Z, 2015, Estimasi Matrik Asal Tujuan (MAT) dari Data Arus Lalu Lintas dengan Metode Estimasi Kuadrat Terkecil Menggunakan Piranti Lunak EMME/3 (Studi Kasus Kota Surakarta), Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Nuning, Syafi’i, dan Dewi Handayani., 2018, Forecasting of Origin-Destination Matrix of Freight Transportation of Surakarta with Maximum Likelihood Method, Student of Master, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Septiyani, Wulan, 2015, Estimasi Matrik Asal Tujuan Perjalanan dengan Model Gravity Batasan Bangkitan Pergerakan (Studi Kasus Kota Surakarta), Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret. Tamin, O.Z., 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Bandung: ITB press. Tamin, O.Z., 2008, Perencanaan, Permodelan, dan Rekayasa Transportasi, Bandung: ITB press. Zusanti, Fika., Syafi’i., dan Slamet, Jauhari Legowo., 2016, Estimasi Distribusi Perjalanan Kota Surakarta Tahun 2025 menggunakan Model Gravity, Skripsi, Surakarta: Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sebelas Maret

Refbacks

  • There are currently no refbacks.