STUDI TINGKAT KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN DENGAN KOMBINASI NILAI SURFACE DISTRESS INDEX DAN INTERNATIONAL ROUGHNES INDEX
Abstract
Di Provinsi Maluku terdapat beberapa ruas jalan Nasional yang menjadi penghubung antar kabupaten yang ada di Pulau Buru salah satunya adalah Ruas jalan Mako-Modanmohe. Jalan ini sering dilalui kendaraan dengan beban yang berat hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan. Penelitian mengenai penilaian tingkat kerusakan jalan perlu dilakuan untuk mengatasi kerusakan yang sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi permukaan jalan secara fungsional dan membandingkan nilai kondisi jalan berdasarkan metode International Roughnes Index (IRI) dan Surface Distress Index (SDI). Metode SDI digunakan untuk penilaian kondisi perkerasan jalan yang dilakukan secara visual di lapangan. Untuk data IRI diperoleh dari Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah 1.2 Pulau Buru. Hasil dari penelitian ini dimana penilaian tingkat kerusakan permukaan jalan dengan kombinasi SDI dan data IRI adalah 23,81% kondisi baik, 71,43% kondisi sedang, 4,76% rusak ringan dan 0% rusak berat. Dari hasil penilaian tingkat kerusakan maka tipe penanganan jalan adalah 95.24% rutin,, 4,76% rehabilitasi, 0% rekonstruksi.
Kata Kunci : SDI,IRI,Kondisi Fungsional Jalan,Tipe Penanganan JalanFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aptarila, Gesvi : Lubis,Fadrizal: Saleh, Alfian. 2020. “Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan - Batas Provinsi Sumatera Barat.” SIKLUsJurnal Tek. Sipil 6 (2): 195-203. Bunga, Devia M: Rachman, Rais: Mary, Selintung. 2019. “Effect of Collision Variation towards the Index Retained Strength of Mixed Asphalt Concrete Wearing Course.” Int. J. Sci. Eng. Sci 3 (8): 61-64. Direktorat Jenderal Bina Mar. 2011. Pedoman Konstruksi dan Bangunan. No. 00104/P/BM/2011, Survei Kondisi Jalan. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum. Direktorat Jenderal Bina Marga. 2011. Manual Konstruksi dan Bangunan. No. 001-01/M/BM/2011, Survei Kondisi Jalan untuk Pemeliharaan Rutin. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum. Futwenbun, Randy: Sapulette, W. 2017. “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penanganan Jalan (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Sp Taniwel – Boeria).” J. MANUMATA 3 (2): 63-70. Kamba, Charles: Rachman, Rais. 2018. “Marshall Characteristics Test on hot Rolled Sheet Base Combine Using Nickel slag For Half Gap Graded.” Int. Journal. Innov. Sci. Eng. Techno 5 (3): 14-19. Pembuain.A: Priyanto, S: Suparma L.B. 2018. “Evaluasi Kemantapan Permukaan Jalan Berdasarkan International Roughness Index Pada 14 Ruas Jalan di Kota Yogyakarta.” TEKNIK 39 (2): 126-131. S, Baihaqi: Salaeh,M: Anggraini, R. 2018. “Tinjauan Kondisi Perkerasan Jalan dengan Kombinasi nilai International Roughness Index (IRI) dan Surface Distress Index (SDI) pada Jalan Takengon – Blankejeren.” Journal Tek. Sipil Univ. Syiah Kuala 1 (3): 543-552. Sukirman, S. 2007. Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Tho’atin, Umi: Setyawan, Ary: Suprapto,Mamok. n.d. “Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) dan Pavement Condition Index (PCI) untuk Penilaian Kondisi Jalan di Kabupaten Wonogiri.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.