KARAKTERISTIK MINERALOGI TANAH ENDAPAN PYROCLASTICS SURGE DI LERENG GUNUNGAPI LAMONGAN, JAWA TIMUR

Brilian Budi Prakosa

Abstract

Endapan seruakan piroklastik (pyroclastics surge) seringkali berasosiasi dengan erupsi preatomagmatik dan  preatik yang banyak melibatkan adanya air permukaan dan bawah permukaan. Di Indonesia, endapan pyroclastics surge yang sudah teridentifikasi salah satunya berada di lereng Gunungapi Lamongan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik mineralogi dari tanah endapan jenis tersebut, selain itu juga bisa untuk mengetahui proses mekanisme pengendapan yang terjadi pada saat pembentukan material ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemetaan geologi daerah penelitian,pengamatan fisik makroskopik, kemudian dilakukan analisis petrografi dan SEM EDX untuk mengetahui komposisi mineraloginya sekaligus untuk mengetahui tipe erupsi maupun mekanisme pengendapannya.

Kondisi geologi di daerah penelitian mempunyai morfologi pegunungan dan perbukitan vulkanik berlereng terjal, litologinya dominan tersusun  oleh endapan vulkanik hasil erupsi Gunungapi Lamongan dengan jenis batuan andesit, basalt, serta  endapan hasil letusan maar. Komposisi mineralogi batuan penyusunnya berdasarkan analisis petrografis dan SEM-EDX didominasi oleh plagioklas tipe andesin, ortopiroksen hipersten, dan klinopiroksen augit sebagai fenokris, serta untuk massa dasarnya tersusun oleh mikrolit plagioklas, mineral opak (magnetit), dan gelas vulkanik.

Tipe erupsi pembentuk maar atau ranu di sekitar Gunungapi Lamongan adalah jenis freatomagmatik, dibuktikan dari kenampakan fisik dan struktur batuannya yang mengindikasikan adanya pengaruh air yang signifikan dan aliran berdensitas rendah.

Kata Kunci : seruakan piroklastik, mineralogi, gunungapi

References

Carn, S.A. 1999. The Lamongan Volcanic Field, East Java, Indonesia: Physical Volcanology, Historic Activity and Hazard. Journal of volcanology and geothermal research, vol.95, 81-108 p.

Carn, S.A., Pyle, D.M., 2001. Petrology and Geochemistry of the Lamongan Volcanic Field, East Java, Indonesia: Primitive Sunda Arc Magmas in an Extensional Tectonic Setting?. Journal of Petrology, vol.42, 9, 1643-1683 p.

Lorenz, V., 2006. Syn – and post posteruptive hazard of maar-diatreme volcanoes. Journal Volcanology and Geothermal Research, 159, p285-312

MacKenzie, W.S., Donaldson, C.H dan Guilford, C., 1982, Atlas of Igneous Rock and Their Textures, Longman, England

Middlemost, E.A.K., 1985, Magmas and Magmatic Rocks, An Introduction To Igneous Petrology, Longman, New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.