PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH APARTEMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP) DI KOTA DEPOK

Mega Hafizha, Setiono Setiono, Suryoto Suryoto

Abstract

Abstrak

Kota Depok merupakan salah satu daerah penyangga Ibu Kota Jakarta, dimana keberadaannya diarahkan sesbagai pola pemukiman dan penyebaran kesempatan kerja secara lebih merata, sebagai upaya meringankan tekanan perkembangan penduduk DKI Jakarta. Banyaknya lembaga, institusi serta perguruan tinggi yang tersebar di Kota Depok, terutama di Jalan Margonda Raya, menjadikan Kota Depok dikenal sebagai sentra pendidikan. Hal ini berimbas kepada jumlah penduduk yang datang dan menetap di Kota Depok, dimana akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kondisi ini tentunya berbanding lurus terhadap meningkatnya permintaan kebutuhan akan tempat tinggal, tak terkecuali permintaan terhadap apartemen sebagai tempat tinggal. Berdasarkan hasil kajian serta penelitian sebelumnya, selera masyarakat dalam memilih apartemen dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih apartemen khususnya di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu deskriptif kualitatif serta pembobotan dengan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Pengumpulan data dilakukan melalui metode survei berupa kuesioner dan hasil keputusan dari kuesioner diolah menggunakan Program Software Microsoft Excel 2016. Sebagai hasil, dalam memilih apartemen di Kota Depok, masyarakat akan mempertimbangakan beberapa fakor antara lain: produk, persepsi harga, lokasi, fasilitas apartemen, dan legalitas. Kemudian, dari 10 responden yang menjadi subjek penelitian, diperoleh faktor yang paling mempengaruhi masyarakat yaitu dekat dengan fasilitas sosial dan yang paling tidak mempengaruhi masyarakat adalah nama besar pengembang (Developer). Hasil tersebut didapatkan salah satunya karena lokasi apartemen yang ditinjau berada di jalan utama Kota Depok yaitu Jalan Margonda Raya, dimana terdapat banyak fasilitas sosial seperti sarana Pendidikan, Kesehatan, Olahraga, Rekreasi, maupun Pusat Perbelanjaan

Kata Kunci : Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP), Pemilihan Apartemen, Preferensi Masyarakat

References

Bappeda Kota Depok. 2017. Kota Depok. https://bappeda.depok.go.id/profil.html. Diakses pada 21 September 2020 pukul 10.30 WIB.

Chang, D.Y. 1996. Application of The Extent Analysis Method on Fuzzy AHP. European Journal of Operational Research 95: 649-655.

De Chiara, Joseph. 1973. Times-Saver Standards for Building Types. Texas: Mcgraw-Hill (Tx).

De Chiara, Joseph. 1984. Times-Saver Standards for Residential Development. Texas: Mcgraw-Hill (Tx).

Goodall. 1972. Grub: The Bush Baby Boston: Houghton Mifflin. Boston: Houghton Mifflin.

Jasril, Haerani, E., dan Afrianty, I., 2011. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy AHP (F-AHP). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2011, Yogyakarta.

Onggo, Yance dkk. 2018. Faktor yang Menentukan Keputusan Membeli Apartemen. Jurnal. Program MM Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetya Mulya.

Peraturan Daerah Kota Depok Nomo 02 Tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok Tahun 2006-2011

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1998 tentang Rumah Susun.

Rabinowitz, H.Z. 1988. Real Estate Planning. New York: McGraw Hill Inc.

Rahardjo, A., dan Sutapa, I. N., 2002. Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Dalam Seleksi Karyawan. Jurnal Teknik Industri Vol.4, No. 2, Desember 2002: 82-92.

Saaty, T. L. 1990. The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. Pittsburgh University Pers.

Saaty, T. L. 2006. Decision Making with the Analytic Network Process: Economic, Political, Social and Technological Applications with Benefits, Opportunities, Costs and Risks. New York: Springer.

Turner. 1982. Housing by People, Toward Autonomy in Building Environments. London: Moris Boyars Publishers Ltd.

C.C.M. Siddique Properties and Applications (ed.), Woodhead Publishing Series in Civil and Structural Engineering, pp. 1–30, Woodhead Publishing.

T. Soetens, S. Matthys. 2017.“Shear-stress transfer across a crack in steel fibre- reinforced concrete, Cement and Concrete Composites”. Belgia.

Wight, J.K. & MacGregor, J.G., 2012, Reinforced Concrete Mechanics And Design.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.